14 Jenis dan Tipe Mekar Kembang Api Buat Kalian yang Suka Nyalain Kembang Api Saat Ramadan Datang

|

Bulan suci tiba, segala suka cita mengisi kesibukan diĀ Ramadan adalah melakukan kewajiban ibadah yang diperintahkan oleh-Nya. Di bulan yang penuh berkah ini, pun kerap sekali ada rezeki dadakan. Memang demikian, saking berkahnya kadang beberapa orang bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Dari mulai jualan kembang api di pinggir jalan, orang-orang ini mencari bekal untuk hari Lebaran. Ramadan dan Lebaran semakin ke sini semakin kesal dengan kembang api. Mungkin kembang api dipilih karena petasan mulai dilarang serta kita masih suka mainan bunyi-bunyian.

Semakin ke sini bulan Ramadan diidentikan dengan perayaan penyalaan kembang api, entah itu apa jenisnya yang paling utama adalah kualitas suara, baru kemudian kemekarannya.

Sepertinya Ramadan dan lebaran identik dengan suara kembang api, dari suara yang keras sampai keindahannya mekar kembang api bergelayutan di langit. Sepertinya belum cukup deh kalau hanya mendengar suara ledakan karena mekarnya kembang api adalah momen yang indah dan sayang dilewatkan. Dilansir dari NBC News dan YTMfireworks.com, yuk bersama Lembaran Putih Hipwee kita simak bareng-bareng rangkumannya.

0. Simak dulu beberapa tipe kembang api yang populer di dunia

1. Kembang api paling aman dan murah namanya sparklers, biasanya ada kawat pegangan, mekarnya dalam volume kecil seperti letusan kembang api crossette. Cocok banget buat menghibur adikmu selepas buka puasa nih

 

Harganya lumayan murah dari Rp5.000 sampai Rp15.000. via mommyish.com

2. Nih cukup aman dan cocok dinyalain selepas sholat tarawih, namanya kembang api fountain atau biasa kita kenal kembang api air mancur. Air mancur yang panas… oke

Cukup terjangkau juga, cuma Rp10.000-Rp25.000. Tinggal dinyalain, nggak meledak atau meluncur jadi cukup aman dan nggak ngagetin orang. via chinatravelca.com

3. Ini mekarnya nggak seberapa, tapi orang seneng banget lihat ekor dari kembang api ini bagai roket meluncur ke langit. Dan ledakannya cocok buat kamu melepaskan suka cita pas malam takbir tiba

Awas jangan sampai salah sasaran, lakukan di temapt terbuka dan jauh dari rumah karena ini sejenis petasan. via wagjag.com

4. Kembang api ini ada juga yang berisi 10 letusan ringan, cukup murah tapi suaranya kurang mantap. Namanya strobe, ukuran besar dari kembang api tipe ini luar biasa menakjubkan

memang sedikit kurang menarik jika dinyalakan tunggal, biasanya memang dinyalakan bebarengan sehingga efek glittering-nya jelas terlihat. via youtube.com

5. Namanya Peony, bisa ditemukan pada jenis kembang api yang biasa kalian temui di pinggir jalan. Mekanisme mekarnya pun bermacam-macam tapi yang pasti saat meletus letusannya benar-benar menuju ke semua arah bagai dandelion

Dalam setiap perayaan yang memakai kembang api pasti nggak lepas dari jenis ini. via cozy-japan.com%20

6. Pistil memiliki ledakan yang lebih kuat dan volume mekar yang lebih besar dari Peony. Biasanya saat meletus, bagian tengah berwarna lebih pekat ketimbang bagian luarnya

Malam takbir nyari ginian, daripada lempar-lempar petasan… via galacticfireworks.co.uk

7. Nah efek atau jenis mekar ini identik dengan letusan yang ramai, sekali meletus percikannya juga akan meletus jadi suaranya ramai nih. Kembang api dengan mekar demikian bernama crossette

Kalo sparklers kecil nah ini boleh dibilang versi dewasanya… via skylighter.com

8. Chrysanthemum mekarnya mirip bunga, dari sekian jenis mungkin tipe ini yang paling indah karena bisa berbentuk sangat bulat dengan efek sparkling yang nggak berlebihan

Mungkin terinspirasi bunga krisan ya… mekar berlapis-lapis harga kembang api seperti ini lumayan mahal. via youtube.com

9. Mekarnya kembang api seperti taburan glitter di langit ini indah banget. Selain itu warna-warni mekarnya bisa bikin mata terpana. Kalian tertarik? Cari aja kembang api dengan jenis mekar ini

Tipe glitter ini lumayan rame karena banyak variannya… via shutterstock.com

10. Brocade adalah tipikal mekar dengan warna tebal dan letusannya menggantung jadi seperti bunga yang layu

Waktu menyalanya yang lebih lama dari jenis lain jadi keindahan tersendiri. via pinterest.com

11. Ini salah satu kembang api yang proses mekarnya cukup lama, punya dahan dan batang seperti pohon palm, makanya kembang api jenis ini sering di sebut kembang api palm

Bentuknya emang mirip pohon palm, indah banget nih tapi kayaknya kalau mahal mending beli baju aja kali ya… via americanpyro.com

12. Comet merupakan jenis kembang api unik, ledakannya nggak terlalu besar. Comet ini cuma meluncur dengan ekor glitter-nya, namun nggak meledak di angkasa

Dengan ekor yang terus menyala, kembang api ini memang mirip komet. via getsurrey.com

13. Mekar kembang api bernama stars ini merupakan perpaduan indah dari berbagai jenis, dari palm, comet dan efek glitter. Sepertinya lumayan mahal nih

Sempat digunakan oleh Disney saat perayaan Stars Wars, kembang api ini pun jadi suguhan menarik. via yotutube.com

14. Kamu harus tahu bahwa biasanya kembang api yang sering kamu lihat di pinggiran jalan atau toko kelontong memiliki jenis-jenis mekar yang berbeda

Namanya Roman Candles, kembang api ini bisa keluarkan berbagai efek mekar. Inilah salah satu jenis kembang api yang paling banyak diminati di seluruh dunia karena varian mekarnya yang indah. via tokopedia.com

Dari berbagai jenis dan macam tipe letusan atau mekarnya, kalian pasti punya pilihan favorit tersendiri. Kembang api memang jadi barang yang saat ini sedang digandrungi, momen yang tepat dengan harga yang cukup terjangkau sepertinya semua orang dapat membelinya. Penggunaannya yang mudah harus diwaspadai jangan sampai menimbulkan kecelakaan atau terjadi hal yang tidak diinginkan khususnya buat anak-anak kecil.

Siap mencoba?