3 Resep Minuman Ini Dipercaya Bikin ASI Deras Meski Kamu Sedang Puasa. Yuk, Mama Muda Cobain!

|

Tak berbeda jauh dengan ibu hamil, ibu menyusui juga punya keringanan untuk tidak berpuasa. Terlebih bagi yang bayinya masih berusia di bawah 6 bulan, dimana belum mendapatkan makanan lain selain ASI. Meski banyak penelitian mengungkapkan bahwa puasa tidak mempengaruhi volume ASI, kekhawatiran akan asupan yang diterima bayi berkurang, pun ibu menyusui yang juga butuh cairan lebih banyak dari biasanya jadi salah satu alasan mengapa ibu menyusui diberi keringanan untuk tidak berpuasa.

Tapi, bagaimanapun juga, menyusui bukanlah penghalang. Jika dirasa mampu, ibu menyusui dianjurkan untuk tetap berpuasa. Namun, harus lebih memperhatikan asupan dan jumlah cairan yang masuk. Jangan sampai puasa berpengaruh terhadap asupan ASI ke anak yang menurun karena si ibu tidak memperhatikan kebutuhan cairan tubuh. Untuk mensiasati hal itu, Hipwee akan memberikanmu 3 resep yang dipercaya akan membuat ASI tetap keluar deras meski sedang berpuasa. Kata yang sudah coba sih, benar-benar nyata terbukti ampuh, lho!

1. Jus kurma susu dipercaya membuat ASI tetap banyak meski sedang berpuasa. Bonusnya, stamina juga terus terjaga

Kurma dan susu via mayakitchenette.com

Kandungan gula yang tinggi menjadikan buah ini merupakan sumber energi untuk tetap kuat menjalani puasa. Jadi, bisa dibayangkan betapa kaya akan manfaatnya jika kurma dengan susu dicampur jadi satu untuk diminum bersamaan. Selain rasanya enak, efek yang didapat pada ASI juga baik. Jadi, tunggu apa lagi, sahur nanti jangan lupa untuk minum ini ya!

Bahan:

  1. 7 butir kurma, buang bijinya (untuk 1 porsi)
  2. Air mineral secukupnya
  3. Susu UHT/pasteurisasi secukupnya (bisa juga susu kambing)
  4. Tidak dianjurkan memakai susu bubuk atau susu kental manis

Caranya :

  1. Rendam kurma yang sudah dibuang bijinya di dalam air mineral hingga menutupi permukaan kurma yang paling atas selama 1 malam (dari waktu Isya sampe waktu sahur)
  2. Ketika sahur, tuang kurma yang sudah di rendam beserta air rendamannya ke dalam blender, tambahkan susu UHT secukupnya
  3. Blender semuanya hingga halus
  4. Minum setelah makan sahur

2. Meski banyak yang nggak suka karena pahit, nyatanya pare juga jadi salah satu booster ASI, lho!

Pahit, sih. Tapi.. via www.mypositivehealth.com

Sebagian besar dari kamu pasti akan bilang NO saat tahu pare bisa memperlancar ASI. Kalau dibuat tumisan, mungkin masih bisa diterima lidah. Tapi jika dalam bentuk jus dan diminum begitu saja rasanya lebih baik tidak sama sekali.

Ya, meski pahit, pare dipercaya bisa membuat ASI lancar dan banyak, lho! Masalah besar ibu menyusui memang ada pada banyak tidaknya ASI yang diproduksi. Jadi demi anak, rasa pahit sebaiknya dikalahkan saja. Apalagi jika saat berpuasa ingin ASI-nya tetap deras. Tahan napas saat meminumnya untuk menetralisir rasa pahitnya, ya!

Bahan :

  1. 1 buah pare muda, bersihkan isinya
  2. 1 juring melon
  3. Sedikit air

Caranya :

Blender semua bahan, tanpa disaring langsung minum

Catatan : Pare ternyata dapat merendahkan kadar gula di dalam darah. Jadi, mengkonsumsinya cukup satu kali seminggu dan tidak dalam keadaan gula darah yang sedang rendah.

3. Selanjutnya ada sari kacang hijau yang selain enak, mampu membuat ASI tetap mengalir deras saat berpuasa

sari kacang hijau via www.diahdidi.com

Sari kacang hijau memang punya banyak khasiat yang baik untuk tubuh, begitu juga bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Kandungan asam amino, kalsium, asam folat, protein, vitamin B2, vitamin B1, omega-3 serta omega-6 nya sangat bermanfaat dan berpengaruh besar terhadap kesehatan ibu dan bayi. Nah, untukmu yang sedang berpuasa dalam keadaan menyusui, coba yuk resep minuman sari kacang hijau a la selebgram @vendryana ini.

Persiapan :

  1. Kacang hijau direndam di air biasa selama 30 menit
  2. Jahe seukuran ibu jari, dibakar di kompor, dikupas dan digeprek
  3. Daun pandan 1-2 lembar
  4. Biang gula jawa (gula jawa setengah kg, tambah air secangkir, lalu rebus sampai menjadi sirup, saring hasil akhir, simpan pada wadah)

Cara membuat :

  1. Rebus kacang hijau + air rendaman sampai mendidih sekitar 20-30 menit
  2. Masukkan jahe, daun pandan, rebus sampai wangi
  3. Masukkan sirup gula merah sesuai selera
  4. Tambahkan sedikt garam
  5. Saring kacang hijaunya
  6. Masukkan kulkas dan siap diminum

Pada intinya, resep minuman ini hanya membantu memperlancar ASI dan menguatkan stamina saat puasa. Semua keputusan kembali pada si ibu tersebut, jika baik ibu dan bayi sama-sama dalam keadaan sehat, puasa bisa jalan terus sembari mengkonsumsi salah satu resep di atas saat sahur maupun berbuka puasa. Semoga bermafaat, ya!