5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membayar Zakat Sebelum Lebaran

|

Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan hari. Persiapan menuju hari nan fitri pun mulai kamu lakukan. Mulai dari baju Lebaran, kue kering hingga amplop-amplop lucu untuk para keponakan. Namun, ternyata masih ada satu hal wajib yang harus kamu lakukan sebelum menyambut Hari Lebaran, yaitu membayar zakat.

Zakat merupakan harta yang wajib umat muslim berikan kepada golongan yang berhak menerima zakat. Zakat sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu zakat fitri, zakat maal (zakat kekayaan) serta zakat profesi. Ketiganya memiliki rumusan perhitungan sendiri-sendiri yang telah diatur sebelumnya. Untuk pembayaran zakat kamu bisa melakukannya di masjid atau musala tempat tinggalmu serta lembaga yang telah ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan zakat.

Lalu, kenapa sih umat muslim diharuskan untuk membayar zakat sebelum Hari Lebaran tiba? Berikut penjelasannya sesuai dengan makna zakat, seperti yang dilansir dari Rumah Zakat.

1. Membayar zakat merupakan salah satu usaha untuk membersihkan harta yang kamu punya

Membersihkan diri via fimadani.com

Salah satu makna dari zakat adalah At-Thohuru yang memiliki arti menyucikan atau membersihkan. Menunaikan zakat seharusnya dilakukan dengan niatan suci dan semata-mata karena Allah SWT. Untuknya Allah akan membersihkan dirimu serta harta benda yang kamu miliki dari dosa-dosa selama setahun ini. Setelah diri dan apa yang kamu miliki suci, maka ketentraman hati akan kamu terima. Seperti apa yang dituliskan dalam Surat At-Taubah ayat 31 di bawah ini:

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

2. Dengan berzakat, kamu juga bisa memperoleh keberkahan atas kekayaan yang kamu miliki

Keberkahan atas apa yang dipunyai via www.islamicity.org

Sesuai dengan makna zakat yang kedua adalah Al-Barakatu yang berarti berkah. Makna zakat tersebut menjelaskan bahwa setiap umat muslim yang membayar zakat, Allah tidak akan ragu untuk memberikan keberkahan baginya, salah satu caranya adalah dengan melipatgandakan apa yang kamu miliki sekarang.

3. Zakat juga akan memperlancar kamu untuk mendapatkan rezeki yang selanjutnya

Memperlancar rezeki via www.bismikaallahuma.com

Sebelumnya telah disebutkan bahwa dengan membayar zakat, kamu akan mendapatkan keberkahan. Dari keberkahan tersebut Allah tidak akan tanggung-tanggung untuk menumbuhkan rezekimu selama di dunia. Mengingat dengan zakat, harta dan dirimu telah bersih dari dosa dan mendapat berkah dari-Nya. Hal tersebut sesuai dengan makna zakat yang ketiga yaitu An-Numuw yaitu terus tumbuh dan berkembang.

4. Dengan membayar zakat, kamu akan dibantu untuk menyelamatkan apa yang kamu miliki dari masalah

Menyelamatkanmu dari masalah via www.pexels.com

Alasan kenapa kamu harus membayar zakat adalah agar apa yang kamu miliki terselamatkan dari masalah di dunia ini. Sesuai dengan makna zakat yang selanjutnya yaitu As-Sholahu atau keberesan. Hal tersebut mempunyai arti bahwa jika umat muslim membayarkan zakat, maka apa yang kamu miliki akan beres atau selamat dari berbagai masalah. Seperti kehilangan, pencurian, usaha yang bangkrut dan lain-lain.

5. Yang terakhir, karena dengan membayar zakat berarti kamu mengamalkan salah satu rukun Islam

mengamalkan rukun Islam via ilovemuslims.net

Alasan terakhir kenapa kamu harus membayar zakat adalah untuk menyempurnakanmu sebagai umat muslim. Mengingat zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib kamu amalkan. Selain itu, dengan zakat juga menjadi salah satu pembeda antara kamu sebagai umat muslim dengan kaum kafir yang mengatasnamakan Islam.

Zakat memang salah satu kewajiban yang harus kamu sebagai umat muslim jalankan. Ketentuan tentang zakat memang sudah diatur pada masing-masing jenis zakatnya. Maka dari itu, sebelum Hari Lebaran tiba, jangan lupa untuk menunaikan salah satu rukun Islam yang satu ini ya? Biar ibadahmu selama sebulan ini semakin lengkap.