5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dicoba Saat Puasa. Biar Gimana Juga Bugar dan Fit Itu Nomor Satu!

|

Saat berpuasa, badan rasanya pasti lemas. Kamu pun jadi malas ngapa-ngapain. Jangankan olahraga, bangun dari tempat tidur aja rasanya malas luar biasa. Nggak jarang, saat bulan Ramadan, berat badanmu pun bertambah dan nggak fit lagi karena minim gerak. Ditambah lagi dengan asupan makanan yang masuk sembarangan karena faktor lapar mata saat buka puasa. Ingin olahraga tapi kamu takut nggak kuat puasanya.

Sebenarnya, ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat sedang berpuasa. Menurut Laina Munaf yang dilansir dari Detik Health, olahraga saat berpuasa bisa dilakukan oleh setiap orang. Namun, jenis dan intensitasnya tergantung dari kebutuhan tubuh masing-masing. Berikut, beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat berpuasa.

1. Jalan santai bisa menjadi pilihan yang pertama. Kamu bisa jalan santai mengitari kompleks rumahmu misalnya

Jalan santai via www.pexels.com

Tak perlu melakukan olahraga berat saat tengah berpuasa. Yang penting anggota tubuhmu bisa kamu gerakkan dan membakar kalori. Salah satu contohnya adalah dengan berjalan santai selama 20-30 menit sebelum berbuka. Bisa kamu lakukan dengan cara mengitari kompleks rumahmu atau berkeliling taman serta ruang terbuka hijau lainnya. Dengan jalan santai ini kamu juga bisa sekalian melatih pernapasanmu lho.

2. Olahraga sekalian ngabuburit? Bisa kamu lakukan dengan bersepeda menuju tempat penjual takjil di dekat rumahmu

Bersepeda sambil ngabuburit via www.pexels.com

Untuk kamu yang hobi ngabuburit tapi ingin tetap berolahraga, pilihan olahraga ringan ini bisa kamu coba. Nggak perlu lama-lama kok, cukup 10-30 menit aja sembari membeli takjil atau sekadar cuci mata. Dengan olahraga ringan ini, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Olahraga iya, ngabuburit menanti buka puasa juga iya. Paket lengkap ‘kan?

3. Olahraga lain yang bisa kamu coba adalah berenang. Semua anggota tubuh bergerak dan minim keringat

Segarnya~ via www.pexels.com

Kamu ingin olahraga namun tak mau berkeringat. Berenang bisa jadi solusinya. Dengan berenang, semua anggota tubuhmu bisa bergerak dan kamu seakan tak merasakan berkeringat karena berada di dalam air. Selain itu, kamu tak perlu panas-panas untuk bisa tetap menjaga kesehatan karena sejuk dan segar akan kamu rasa. Eits, tapi air kolamnya jangan sampai diminum ya? Nanti jadi batal puasanya 🙂

4. Buat kamu yang ingin berolahraga ringan di rumah aja, skipping bisa kamu coba. Nggak perlu lama-lama, sesuai kemampuan tubuhmu aja

Lompat tali – skipingan via www.bodybuilding.vsebolesni.com

Skipping atau jumping rope ini bisa kamu lakukan saat puasa. Selain itu kamu bisa melakukannya di halaman rumah atau di tempat-tempat terbuka lainnya. Tapi tetap ingat ya tak perlu muluk-muluk untuk banyak lompatannya. Cukup sesuai kemampuan tubuhmu saat sedang berpuasa aja. Kalau kamu memaksa untuk terus melompat sebanyak-banyaknya, bisa-bisa kamu dehidrasi karena terlalu banyak keringat yang keluar.

5. Atau kamu bisa melakukan yoga. Selain membuat badan bergerak, pikiran juga tenang dibuatnya

olahraga plus pikiran tenang~ via www.bartonhall.com

Buat kamu yang malas bergerak namun tetap ingin berolahraga, yoga adalah jawabannya. Gerakan yoga yang tidak terlalu banyak tak akan mengganggu puasamu. Selain itu, kamu juga bisa berlatih untuk menenangkan pikiran dengan melakukan yoga. Olahraga iya, pikiran yang tenang juga bisa didapatkan, sebuah olahraga ringan dengan paket lengkap ‘kan?

Tak perlu lagi khawatir dengan badan yang tidak fit saat puasa. Karena kamu tetap bisa berolahraga meskipun tengah menahan lapar dan haus seharian. Tak perlu ambisius dalam berolahraga saat berpuasa ya. Sesuaikan jenis olaraga ringan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan tubuhmu. Selain itu, jangan lupa memenuhi konsumsi buah dan sayur agar saat puasa tubuhmu bisa fit dan nggak lemas lagi.