5 Kesalahan Saat Makan Sahur yang Justru Bikin Puasamu Lemas. Kata Siapa Makan Banyak = Tahan Puasa?

|

Sahur jadi salah satu rutinitas yang hampir selalu dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Tujuannya jelas, agar puasa sehari nanti dijalani dengan kuat dan tak lemas karena sudah diberi asupan yang cukup saat sahur. Meski begitu, banyak dari kita yang tetap saja masih merasa lemas tak bertenaga dalam menjalankan puasa. Padahal perasaan tadi waktu sahur sudah makan banyak, ditambah cemilan cokelat dan juga teh hangat. Kenapa masih saja lemas, ya?

Usut punya usut, kebanyakan kebiasaan santap sahur orang Indonesia bisa dibilang kurang tepat. Apa yang dikonsumsi, justru itulah yang jadi salah satu faktor penyebab puasamu jadi lemas. Ingin tahu apa saja kesalahan dalam saat sahur yang bikin lemas saat puasa? Ini dia di antaranya.

1. Makan sebanyak-banyaknya. Maksudnya sih biar kenyang dan punya banyak cadangan makanan, tapi yang terjadi adalah…

Terlalu banyak makan via sains.kompas.com

Maksud hati sih biar punya cadangan makanan yang banyak agar tetap kuat puasa sampai waktu berbuka nanti. Tapi ternyata, menurut nutritionist Dr. Neha Sanwalka, pemahaman ini justru keliru. Makan banyak-banyak saat sahur akan menjadi beban bagi perut. Ini akan menyebabkan gangguan pencernaan, asam lambung naik dan juga kembung. Yang paling benar adalah makanlah dengan porsi secukupnya dan pastikan semua nutrisi terpenuhi.

2. Tidur lagi pasca sahur dan salat subuh justru jadi pemicu bikin lemas menjalankan ibadah puasa

Tidur lagi setelah sahur via www.wowmenariknya.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa usai sahur pasti akan dihinggapi rasa kantuk yang luar biasa. Tapi, kebiasaan ini benar-benar tidak baik jika terus-terusan dilakukan karena dapat memicu asam lambung kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan gangguan saluran cerna. Ada baiknya kamu jalan-jalan pagi setelah salat subuh. Selain baik untuk kesehatan, udara pagi tentunya membuat badan jadi segar. Jika ingin tidur lagi, tunggu sekitar dua jam setelah sahur.

3. Kebiasaan orang Indonesia saat sahur adalah minum teh. Selain nikmat, sekaligus bikin badan jadi hangat. Tapi ternyata cara ini keliru, guys

Minum teh via lifestyle.kompas.com

Minum teh waktu sahur memang merupakan kenikmatan tersendiri. Bayangkan saja, teh manis hangat yang enak cukup jadi obat yang ampuh di udara dini hari yang dingin ditambah rasa kantuk yang mendera. Tapi ternyata, sifat diuretik yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Alhasil tubuh justru bisa mengalami dehidrasi dan rasa haus yang makin kuat.

4. Minum air putih bergelas-gelas saat mendekati waktu imsak juga ternyata jadi salah satu faktor yang bikin kamu lemas saat puasa. Begini penjelasannya

Diminum beruntun via update.ahloo.com

Biasanya, mendekati waktu imsak kita akan meminum air putih bergelas-gelas. Inginnya agar selama sehari puasa nanti tidak begitu merasa haus. Tapi minum banyak air sekaligus justru bisa menaikkan asam lambung dalam perut sehingga kamu akan merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan. Ada baiknya, minumlah air putih secara perlahan dan bertahap, yaitu ketika bangun tidur dan sebelum makan, saat makan sahur dan setelah makan sahur. Konsumsi juga makanan mengandung banyak air seperti melon, semangka, ketimun atau tomat untuk menambah asupan air di dalam tubuh ketika sahur sehingga kamu nggak harus minum bergelas-gelas air putih dalam satu waktu.

5. Makan karbo sederhana seperti cokelat atau permen juga ternyata tidak dianjurkan saat sahur, lho

Box of Chocolates via sebentarsaja.com

Ngemil juga kerap dilakukan saat sahur. Kalau cokelat dan permen jadi favoritmu, sepertinya untuk kali ini harus dihindari terlebih dahulu. Makanan ini masuk dalam jenis makanan karbohidrat sederhana dan dicerna dengan cepat oleh tubuh sehingga energinya juga lebih cepat dilepas dari tubuh. Akibatnya tubuh jadi makin lemas di siang hari.

Jadi, mulai sekarang, perhatikan asupan makanan saat sahur ya. Agar menjalani puasa dengan kuat tanpa lemas dan juga lesu.