5 Tips Biar THR-mu Awet Sampai Lebaran. Ingat Kamu Butuh Siapkan Angpau untuk Ponakan

|

THR adalah keuntungan yang didapatkan seorang karyawan sebelum Lebaran. Tapi karena ada uang berlebih ini, seringkali kita jadi lebih boros dari biasanya. Maklumlah, namanya manusia. Akibatnya belum juga Lebaran tiba, THR sudah berkurang setengahnya. Padahal belum beli baju buat keluarga, belum pesan tiket mudik, dan belum juga memperhitungkan memberi angpau pada keponakan.

Karena itu, THR harus dijaga baik-baik agar tetap selamat setidaknya sampai Lebaran. Namanya saja Tunjangan Hari Raya. Nah, biar kamu nggak khilaf dan menghabiskan uang THRmu begitu saja, coba deh terapkan tips-tips ini.

 

1. Cek-cek dulu baju lamamu. Kalau nggak perlu banget, nggak usah beli baju baru

Cek lemari sebelum beli baju via plus.google.com

Katanya Lebaran identik dengan baju baru. Mentang-mentang semua kembali fitri dan membuka lembaran baru, bajunya pun harus baru. Sebelum kamu memutuskan beli baju lebaran, coba cek dulu lemari bajumu. Mungkin baju Lebaran tahun lalu masih bagus dan bisa dipakai tahun ini? Kalau nggak pilih saja kemeja kerja atau blouse berwarna putih. Padukan dengan celana jeans dan pashmina. Sudah keren kok!

2. Selektif memilih undangan bukber. Kalau nggak penting banget, mendingan nggak usah ikut

Selektif memilih bukber via www.loop.co.id

Bulan puasa juga merupakan momen di mana undangan buka bersama berdatangan. Memang sih dengan begitu kamu punya kesempatan untuk bertemu teman-teman lama yang sudah lost contact. Tapi dalam rangka menghemat uang THR, cobalah lebih selektif lagi memilih undangan buka bersama. Pilih yang benar-benar spesial untuk dihadiri. Undangan bukber dari alumni teman TK yang nama-namanya nggak kamu ingat lagi mungkin nggak perlu dihadiri.

3. Rajin-rajin cari takjil gratisan. Meski sedikit, tapi lumayan sih buat ngirit

Berburu takjil gratis via www.boombastis.com

Menjelang buka puasa, hasrat makan semakin menggila. Entah memang lapar atau hanya lapar mata, rasanya semua ingin dimakan nanti selepas adzan. Untuk menghemat pengeluaranmu, coba deh rajin-rajin cari takjil gratisan. Di kantor, di masjid, atau di jalan-jalan biasanya banyak yang menyediakan. Memang sih, penghematannya paling hanya 3000 sampai 5000. Tapi lumayan juga kalau dikalikan. Ingat, kebutuhan Lebaran nanti banyak lho.

4. Buat list siapa saja ponakan yang kamu beri angpau lebaran. Bikin budget THR biar lebih jelas keluarnya uang

Siapa aja yang dikasih angpao? via www.ummi-online.com

Lebaran belum datang tapi jatah THR sudah mulai berkurang? Oke, saatnya membuat budget THR. Kamu bisa membuat daftar apa saja pengeluaranmu selama lebaran. Tiket mudik? Check. Beli baju buat keluarga? Check. Angpau buat keponakan? Check. Nah, kamu juga mencatat siapa-siapa keponakanmu yang mau diberi angpau. Tentukan juga besarannya, karena yang masih SD nggak mungkin diberi sebanyak yang sudah SMA kan? Nggak perlu malu juga ngasih angpau sedikit, toh yang penting niatnya.

5. Kalau memang bisa, cari transportasi mudik gratisan. Entah nebeng teman, atau rajin ikut undian

Kalau bisa dapat yang gratis atau murah, kenapa harus mencari yang mahal? Mudik pun bisa lebih hemat kalau kamu mau mencari tebengan. Tentu nggak harus sampai depan rumah. Misalnya kamu harus mudik ke Jogja. Nah, kebetulan kamu punya teman yang mudik ke Purwokerto membawa kendaraan pribadi. Kalau kondisinya memungkinkan, kamu nebeng saja sampai Purwokerto dan lanjut naik kendaraan umum ke Jogja. Lumayan kan memangkas biaya?

 

Menjelang Lebaran pengeluaran biasanya membengkak. Entah karena saking banyaknya undangan bukber, atau kamu yang khilaf membeli baju untuk lebaran. Jadi  biar THRmu nggak cepat lewatnya, lakukan tips-tips tadi ya!