6 Acara TV yang Menemani Ramadan Waktu Kecil Dulu. Anak 90-an Pasti Tahu!

Fatkhur Rozi |

Setiap Ramadan pasti punya ceritanya sendiri. Mulai dari cerita saat sahur di tanah rantauan, buka puasa bersama orang-orang tersayang hingga acara-acara yang mengisi waktu puasamu. Kalau sekarang kamu punya banyak kesibukan, tapi waktu kamu kecil dulu Ramadanmu pasti banyak diisi dengan nonton acara televisi.

Nah pas zaman kita kecil dulu, banyak loh acara-acara TV yang seru. Kamu yang anak 90-an pasti kangen sama acara-acara TV ini. Dulu, acara-acara ini yang menemani waktu puasamu.

 

1. Petualangan pak Haji dan Zidan selalu seru menemani Ramadanmu. Kamu pasti kangen sama ‘Lorong Waktu’

Jelas siap via www.kotakgame.com

Siapa sih yang nggak kenal ‘Lorong Waktu’? Sinetron Ramadan yang fenomenal ini dulu selalu kita tonton demi menghabiskan waktu saat berpuasa. Bercerita mengenai petualangan Pak Haji, Pak Ustadz dan Zidan menjelajahi waktu dan bertemu dengan tokoh-tokoh sejarah, acara yang satu ini nggak mungkin kita lewatkan.

2. Karakter wayang golek kocak bermuka merah ini juga seru ditonton menjelang berbuka. ‘Asep Show’ memang seru!

Eh ada si Cepot via Wajibbaca.com

Nah kalau acara yang satu ini punya karakter unik yang beda dari yang lainnya. Karakter andalannya adalah wayang golek merwajah merah bernama ‘Cepot’. Wataknya yang bijak namun kocak ini yang bikin kita dulu betah nonton TV. Dengan tema cerita yang segar dan bijak, Asep Show dulu teman setia saat Ramadan.

3. Program ‘Sahur Kita’ bikin kita melek waktu sahur. “Sahur Kita? Nyam Nyam Nyam”

Tebak-tebakan pantun bareng mereka via Plimbi.com

Kalau teman sahur? Sebelum ada acara-acara seperti YKS dan sebagainya, dulu teman sahur kita adalah talkshow yang satu ini. Judulnya ‘Saur Kita’ dan pemandu acaranya adalah duo kocak Eko Patrio – Ulfa Dwiyanti. Konsep acaranya yang segar jadi cikal bakal munculnya program-program sahur di televisi.

4. Sinetron religi ‘Kiamat Sudah Dekat’ juga dulu viral banget di TV kita. Akting Dedi Mizwar memang istimewa

Masih ingat mereka? via ArtosZone.com

Berawal dari film bernunsa religi berjudul sama, sinetron religi yang satu ini juga jadi salah satu sinetron cakep yang menemani Ramadan kita saat kecil dulu. Dibintangi Dedi Mizwar, cerita ‘Kiamat Sudah Dekat’ dikemas sangat apik dan religius sampai-sampai bapak SBY memujinya.

5. Kamu ingat nggak? Ada juga program ‘Jazirah Islam’ yang membahas sejarah-sejarah Islam

Membahas Islam di Meksiko via youtube.com

Kalau pengen belajar soal sejarah agama Islam, dulu ada program berjudul ‘Jazirah Islam’ yang jadi oase bagi rasa penasaran kita. Mulai dari soal perkembangan ilmu pengetahuan Islam hingga sejarah-sejarah peradaban Islam zaman dulu dibahas di acara ini.

6. Dulu ada acara ‘Kultum’ dengan pembicara Dai Sejuta Umat. KH Zainuddin MZ jadi penanda Magrib segera tiba

Dai Sejuta Umat via youtube.com

Nah kalau sampai acara ini sudah muncul di televisi, bisa dipastikan adzan Maghrib tak akan lama lagi. Program televisi yang diberi judul ‘Kultum’ ini berisi khotbah-khotbah singkat dari Dai Sejuta Umat, KH Zainuddin MZ. Isinya beragam. Mulai dari yang membahas soal fiqih dan akidah, ada.

Membayangkan program-program tersebut membangkitkan rasa rindu akan nuansa Ramadan saat kita kecil dulu. Dulu Ramadan begitu damai dan tenang. Baik situasi di lapangan maupun yang ada di dalam program-program televisi. Ah, ingin rasanya balik ke zaman kecil lagi.