6 Hal yang Cuma Ada di Bulan Ramadan dan Selalu Berhasil Membuat Suasana Terasa Beda

|

Terlepas dari penantian berkah yang melimpah di bulan Ramadan. Sebenarnya ada banyak hal lain yang juga ditunggu-tunggu oleh semua orang di bulan itu. Bukan cuma jadwal makan kamu yang muslim atau antusias untuk beribadah di rumah ibadah seperti masjid atau musholah yang berbeda. Tapi secara keseluruhan entah kenapa suasana bulan puasa itu terasa sekali bedanya. Apalagi dengan hadirnya beberapa hal yang Lembaran Putih Hipwee uraikan di bawah ini. Coba mana yang paling kamu rindukan dari Ramadan, atau jangan-jangan semuanya.

 

1. Maraknya iklan sirup, seolah mengatakan kalau Ramadan nggak afdol tanpa minuman yang satu ini

Sirup via malesbanget.com

Berbagai macam brand sirup berlomba-lomba mengiklankan produknya, dari sirup A sampai sirup Z. Dan yang seperti ini jelas sudah berlangsung sedari kamu mengerti televisi atau balita. Bahkan sebelum kamu lahir bisa jadi juga sudah ada. Sampai-sampai anak kecil kebanyakan meyakini kalau sirup itu bagian dari puasa yang tak terpisahkan.

2. Suara-suara petasan cabe yang ramenya mengalahkan tadarusan atau qiroat dari pengeras suara masjid

Main petasan cabe via www.youtube.com

Nggak cuma siang atau malam, bahkan selepas subuh biasanya suara anak-anak ramai main petasan sudah ada. Menyebalkannya lagi kalau usilnya sedang kumat, kadang anak-anak ini bersembunyi lalu melemparkannya ke orang yang lewat di sekitarnya. Tapi tetap saja keriuhan seperti ini yang paling dirindukan. Jangan ngaku orang Indonesia juga kalau nggak pernah main petasan atau menemukan hal seperti ini.

 

3. Televisi isinya acara-acara nggak cuma sinetron religius, tapi juga ajang pencarian bakat yang mendadak syar’i

Sinentron religi via mediaindonesia.com

Mulai dari reality show untuk buka dan sahur, sinetron-sinetron religi yang sudah tak perlu ditanya lagi eksitensinya, sampai ajang pencarian bakat yang mendadak syar’i. Dan acara-acara seperti itu ada di semua stasiun televisi. Mungkin kamu sendiri sudah hapal dengan sinetron seperti para pencari tuhan atau lorong waktu yang beberapa dekade pernah mengisi suasana bulan Ramadan.

 

4. Pinggir jalan yang penuh tukang jualan mulai dari takjil, gorengan sampai lauk-paukan, saat menjelang buka puasa

Takjil di pinggir jalan via www.hipwee.com

Saat bulan puasa siang hari memang mendadak sepi tukang jualan. Tapi menjelang puasa kamu pasti akan berbahagia karena jalan raya jadi penuh tukang jualan. Mulai dari takjil, jajan pasar, gorengan, sampai kudapan-kudapan unik pasti bisa kamu temukan. Kadang ada juga yang membagi-bagikan kudapan bukaan gratis.

 

5. Timun suri atau belewah yang mendadak banyak di pasar ataupun swalayan

Penjual timun suri via beritadaerah.co.id

Cuma di bulan puasa kamu bisa menemukan timun suri melimpah ruah. Biarpun rasa buahnya kadang tawar, tapi serat buah ini entah kenapa terasa pas untuk mengisi perut yang seharian kosong. Dan yang perlu kamu ingat si buah yang berwarna cukup cantik ini punya banyak manfaatnya, mulai dari menurunkan kolesterol, mengendalikan kadar darah, melancarkan pencernaan, sampai membuat kulit sehat dan lembut. Selain timun suri, kamu pun bisa dengan mudah menemukan belewah, buah yang bentuknya mirip labu tapi segar dan lembut daging buahnya tak kalah dari melon.

 

6. Orang-orang yang mendadak lebih ramah dan hangat di mana saja, sekalipun tak saling kenal

Ramahnya orang indonesia via www.boombastis.com

Biarpun tak saling kenal di angkutan umum, kereta, bahkan pinggir jalan selama bulan puasa orang-orang tak sungkan untuk saling menawarkan makananya kepada orang lain untuk berbuka puasa. Urusan kesabaran pun jangan ditanya lagi, semuanya orang berusaha untuk sesabar mungkin menghadapi hal-hal yang tak menyenangkan. Bahkan yang merasakan keramahan dan kesabaran ini bukan cuma kamu yang muslim saja, tapi juga mereka yang tak seiman dengan kita.

Memang luar biasa ya bulan puasa ini, membuat segala sesuatunya terasa lebih menyenangkan dan seru. Pantas dirindukan sekali oleh kamu dan siapapun yang tak hanya menjalankan ibadahnya saja.