6 Kegiatan Seru untuk Mengisi Akhir Pekanmu Selama Ramadan, Supaya Nggak Tidur Melulu

|

Tidurnya orang puasa memang diyakini sebagai ibadah. Tapi bukan berarti kamu menghabiskan akhir pekanmu dengan tidur saja selama Bulan Ramadan. Mengingat tidur seharian pun tak baik untuk kesehatan, kamu tetap harus terus aktif. Toh ada banyak kegiatan cukup ringan yang dijamin tak akan mengganggu puasamu. Sebagian orang malah menganggap puasa kalau dibawa diam justru semakin lemas. Sementara kalau dipakai untuk melakukan kegiatan seru justru membuat penantian azan magrib tak terasa.

Jadi biar kamu tak lagi malas-malasan di akhir pekan selama Bulan Ramadan ini, Hipwee Lembaran Putih punya beberapa kegiatan ringan dan seru yang bisa jadi referensimu.

 

1. Piknik ke tempat sejuk bareng keluarga, pacar atau teman, bedanya kali ini nggak perlu ada makanan

Piknik tanpa bawa makanan via unsplash.com

Siapa bilang di saat puasa kamu tak bisa piknik bareng keluarga, pacar atau teman? Kamu dengan orang-orang terdekatmu masih tetap bisa pergi suatu tempat untuk sekadar duduk-duduk dan berbincang, sekalipun tanpa adanya camilan. Toh tanpa makanan kamu tetap bisa berbagi banyak hal dengan mereka. Bukankah piknik juga bisa buat pikiran serta suasana hatimu jadi lebih segar? Apalagi bareng mereka, kebayang ‘kan serunya seperti apa.

2. Cari buku yang bagus, biar hari Sabtu dan Minggumu terisi dengan kegiatan membaca terus

Buku-buku untuk akhir pekan via www.pexels.com

Nggak perlu khawatir jadi kutu buku kalau akhir pekanmu diisi dengan kegiatan membaca saja. Justru ini salah satu kegiatan yang tak banyak mengeluarkan tenaga. Kamu tinggal duduk manis di salah satu sudut rumahmu, lalu menekuri kalimat demi kalimat di bukumu ini. Supaya tak lekas bosan, kamu sendiri wajib mencari buku-buku yang bagus dan seru.

 

3. Kalau memang olahraga seperti lari terlalu berat, kenapa tak coba yoga atau pilates saja

Olahraga ringan via she.id

Pengen lari tapi takut haus dan lapar. Kalau renang, kalau nanti khilaf minum air kolam bagaimana?

Sering nggak sih kamu berpikiran seperti itu?! Kamu menganggap olahraga terlalu berat untuk dilakukan saat sedang berpuasa. Padahal selama puasa kamu tetap harus menjaga kebugaran tubuhmu. Dan sebenarnya ada juga kan olahraga yang ringan seperti yoga atau pilates misalnya. Kamu bisa melakukannya di dalam ruangan yang sejuk, yang pastinya tak akan menguras kadar air tubuhmu. Mungkin kamu juga bisa belajar melakukan meditasi, setidaknya ini baik untuk kesehatan batinmu.

 

4. Bikin kue buat lebaran, tapi kali ini kamu bisa lah menjualnya lagi ke teman atau kenalan

Bikin nastar dan kawan-kawannya via www.pexels.com

Daripada beli kue lebaran yang satu toplesnnya saja harganya lumayan, kenapa tak coba buat sendiri. Kamu tinggal mencari resepnya lewat internet atau tanya ke saudara atau teman yang memang jago membuat kue. Sementara bahan-bahannya ya tinggal beli saja. Pertama kali membuat mungkin ada gagalnya, tapi percaya saja usahamu yang selanjutnya pasti akan memuaskan. Dan kalau hasilnya benar-benar enak, bukankah kamu bisa menjualnya ke orang lain. Lumayan hasil penjualannya untuk tambahan uang Lebaran.

 

5. Ikut kegiatan tambahan, entah kelas kreatif, entah volunter untuk acara-acara menarik menurutmu

Volunteer via newsok.com

Kalau memang ingin menambah pengalaman serta keterampilan yang lain selama bulan Ramadan ini, kamu harus memilih antara ikut kelas kreatif atau menjadi volunteer. Dua-duanya dijamin menyenangkan. Tapi dua-duanya tak bisa kamu ikuti dengan cuma-cuma, mengingat kelas kreatif biasanya dimintai uang pendaftaran, sementara menjadi volunteer kadang memberimu pemasukan tambahan. Jadi kamu mau yang mana?

 

6. Mengaji atau menghapal surat, biar puasamu kali ini pun lebih berfaedah

Karena Bulan Ramadan ini momen yang sangat baik untuk kamu berbenah diri terutama dalam hal keimananmu. Mulai dari menjaga sholat lima waktu agar tak bolong, sampai memasang target untuk bisa khatam Al-Quran. Jadi alih-alih akhir pekan kamu bingung ingin melakukan apa, kan bisa mengaji atau mungkin menambah hapalan suratmu. Sedikit-sedikit tapi pasti semua usahamu ini tak akan sia-sia.

Tapi perlu diingat juga, apapun hal baik yang kamu lakukan jangan diikuti embel-embel pahala saja. Kamu melakukannya memang murni untuk kebaikan dirimu sendiri.