7 Alternatif Menu Sahur Bergizi Selain Nasi. Mengenyangkan dan Bisa Bantu Kamu Nahan Lapar Seharian

|

Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah harus makan nasi setiap harinya. Rasanya ada yang kurang kalau perut belum diisi nasi. Nah, saat bulan Ramadan seperti saat ini, nasi pun menjadi salah satu makanan yang tidak pernah ketinggalan ada di meja makan. Baik untuk menu buka puasa maupun sahur.

Berbicara soal sahur, memang sih kebanyakan dari kita harus makan nasi dahulu biar puasanya kuat seharian. Namun buat kamu yang merasa terlelu berat kalau sahur dengan nasi, ternyata ada lho makanan penggantinya. Yuk intip informasi mengenai makanan pengganti nasi untuk sahur di bawah ini!

1. Buat kamu yang tak ingin makan nasi saat sahur, roti gandum bisa kamu jadikan pilihan

Roti gandum dan selai, yum! via Livestrong.com

Buat kamu yang merasa terlalu berat untuk mengonsumsi nasi saat sahur, roti gandum bisa kamu jadikan pilihan. Jenis makanan yang satu ini mengandung karbohidrat kompleks serta serat yang bisa membuat tubuhmu kenyang lebih lama. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, kamu bisa memilih roti gandum yang berwarna cokelat dan bertekstur agak keras, karena kandungan serat gandumnya lebih banyak tersimpan.

Roti gandum ini bisa kamu makan polosan aja atau dengan menggunakan berbagai pilihan olesan, seperti selai, susu kental manis atau parutan keju. Bisa juga kamu jadikan sebagai sandwich dengan isian telur dan sayuran.

2. Selain itu, pasta dan kandungan karbohidrat di dalamnya bisa menjadi “modalmu” untuk berpuasa seharian

Sederhana tapi kenyang! via vysyarecipes.com

Selain roti gandum, kamu juga bisa mengganti nasi dengan pasta. Selain gampang cara membuatnya, pasta juga mengandung karbohidrat setara nasi yang bisa membuatmu merasa kenyang. Pasta ini bisa kamu masak dengan berbagai varian. Seperti aglio olio, bolognese, atau creamy pasta. Jangan lupa menambahkan irisan daging agar menu sahur pastamu lebih bergizi lagi.

3. Semangkuk oatmeal juga bisa kamu coba sekali-kali. Kandungannya yang kaya gizi membuatmu akan merasa kenyang lebih lama

Oatmeal, susu dan blueberry: terbaik! via www.unitypoint.org

Outmeal merupakan biji-bijian yang kaya akat serat, vitamin, antioksidan serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oatmeal biasanya berbentuk serpihan-serpihan dan bubuk karena telah dihaluskan sebelumnya serta ditambah susu. Karena kandungannya yang kaya tersebut, oatmeal cocok sebagai makanan pengganti nasi saat sahur. Kandungan beta-glutan pada oatmeal dipercaya bisa memberikan efek kenyang saat kamu mengonsumsinya. Oatmeal ini bisa kamu konsumsi dengan campuran susu, potongan buah-buahan segar atau berbagai toping lainnya.

4. Buat yang nggak mau repot-repot masak, sahur dengan segelas susu juga bisa kamu lakukan. Sehat dan kenyang lagi!

Segelas susu untuk sahur via www.huffingtonpost.com

Kamu ingin sahur tapi masih kenyang karena efek kebanyakan makan waktu berbuka?

Minum segelas susu bisa jadi pilihannya. Kandungan vitamin, mineral serta kalsium dalam susu bisa menjadi asupan nutrisi. Selain itu, protein di dalam susu juga bisa menjadi cadangan makanan dan menyelamatkanmu dari rasa lapar. Kalau masih pagi sih, enaknya minum segelas susu hangat ya? Tapi kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda, bisa juga lho kamu sahur dengan segelas susu dingin yang sebelumnya sudah kamu masukkan kulkas. Tinggal seleramu aja mau pilih yang mana.

5. Jus buah campur sayur yang kaya gizi dan serat bagus juga lho untukmu mengawali puasamu. Kamu bisa jadi lebih tahan lama puasanya

Fresh organic green smoothie with salad, apple, cucumber 🙂 via www.sheknows.com

Kamu malas makan nasi beserta lauk pauknya? Tenang, masih ada pilihan makanan pengganti untukmu sahur nanti. Pilihannya, kamu bisa membuat jus dengan campuran buah-buahan serta sayur. Karena buah dan sayur memiliki kandungan yang berbeda-beda, terdapat beberapa aturan yang sebaiknya kamu terapkan saat membuat jus buah dan sayur tersebut. Dilansir dari Detik Food, terdapat beberapa saran untuk membuat campuran jus buah dan sayuran, yaitu:

– Jus harus dibuat segar sebelum diminum. Jangan gunakan jus dalam kemasan yang sudah ditambahi pengawet, gula, dan berbagai bahan lainnya.

– Menggunakan buah dan sayur segar yang sudah matang dan dicuci bersih, kalau bisa yang organik

– Membuat jus sebanyak yang akan langsung diminum. Sebab, jus akan beroksidasi dengan cepat dan kehilangan khasiatnya saat disimpan, bahkan meski didinginkan sekalipun.

– Jika jus terlalu manis, sebaiknya dilarutkan dengan air dengan komposisi 50:50 atau campur dengan jus lain yang tak begitu manis. Aturan ini penting bagi penderita kondisi tertentu seperti diabetes, hipoglikemia, arthritis, dan tekanan darah tinggi

6. Manis, legit dan kaya manfaat. Pilihan sahur dengan kurma ini membuat dirimu lebih berenergi

Sahur dengan kurma via www.popular-world.com

Kurma memang menjadi salah satu makanan khas saat bulan Ramadan tiba. Buah ini bisa kamu jadikan pilihan saat malas mengonsumsi nasi ketika sahur. Kandungan nilai gizi yang ada di dalam kurma ini dipercaya bisa meningkatkan energimu ketika berpuasa. Mengonsumsi kurma saat sahur bisa diselingi dengan makanan pendamping lain, seperti madu.

Makanan pengganti nasi di atas adalah pilihan opsional yang tentu saja bisa kamu sesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, apapun makanan pengganti nasimu saat sahur, jangan lupa untuk juga minum air putih yang banyak. Mengingat tubuhmu akan berpuasa selama belasan jam lamanya dan mencegah dari dehidrasi.

Semangat berpuasa ya!