7 Efek Samping Setelah Lebaran yang Bisa Menghampirimu. Antisipasi Sejak Dini Kuncinya

|

Mengingat bulan suci Ramadan yang sebentar lagi ada di penghujung jalan, segala sesuatu untuk Lebaran pun pasti sudah mulai kamu siapkan. Mulai dari menyiapkan makanan, kue-kue kering, THR untuk para ponakan, kebutuhan mudik, sampai pada beberes rumah karena “si mbak” sudah mulai pulang kampung. Dan, segala persiapan itu pun bukan nggak mungkin akan membuat kamu lebih repot.

Namun, sadar nggak sih jika di balik segala persiapan itu akan ada hal-hal yang kamu alami setelah Lebaran? Iya, akan ada “efek” dari Lebaran yang rasanya nggak kalah penting untuk kamu pahami supaya nggak kaget lagi, dan bisa mempersiapkan diri. Nah, di bawah ini ada beberapa efek samping yang sekiranya akan kamu rasakan setelah Lebaran. Apa saja tuh? Cekidot!

 

1. Kantong kosong dan dompet yang kering bisa jadi efek utama yang bakal kamu rasakan. Siap?

Isinya angin…. via kena.com

Harus siap menerima kenyataan kalau kantong kosong dan dompet yang kering akan jadi efek pertama yang mungkin jelas terasa. Ya, bagaimana tidak, uangmu bisa terasa dan terlihat habis karena bukan nggak mungkin saat Lebaran nanti, kamu dipalak untuk bagi-bagi THR. Persiapan Lebaran seperti beli baju, kue, dan lain sebagainya bahkan sudah lebih dulu menyita pundi-pundi rupiah yang kamu punya. Jadi, jangan kaget kalau kenyataan uangmu yang habis harus kamu terima dengan lapang.

 

2. Beberapa penyakit seperti darah tinggi dan kolesterol yang naik pun bisa menghampiri karena kamu terlalu banyak makan enak

coba dikontrol… via kintakun-collection.co.id

Seperti rindu yang harus dibayar tuntas dengan temu, perihal Lebaran pun seolah jadi ajang pembayaran lunas setelah selama Ramadan menahan hawa nafsu untuk minum dan makan. Terlebih rasanya segala makanan enak berkumpul jadi satu di hari raya itu. Nggak heran deh kalau kemudian penyakit-penyakit seperti darah tinggi dan kolesterol yang naik bisa kamu derita. Iya, kamu bisa jadi merasa pusing-pusing karena kebanyakan makan enak. Nah, biar nggak jadi sakit setelah Lebaran, kontrol makananmu dan jangan lupa minum banyak air putih, ya, untuk menetralisir.

 

3. Badan yang terasa pegal juga nggak luput kamu rasakan. Kalau sudah begitu, tukang pijit rasanya jauh lebih berarti dari pasangan…

lelah, bang… via www.vemale.com

Selama Lebaran, berkeliling untuk silaturahmi atau bahkan pulang kampung, pasti kamu lakoni. Macet dan lelah pasti jadi kesatuan yang akan kamu rasakan. Kalau sudah begitu, pegalnya badan tentu nggak bisa kamu kesampingan. Ya, nggak heran juga jika setelah itu keberadaan tukang pijit rasanya bisa jauh lebih berarti dari pasanganmu sendiri, pasangan yang belum halal, lho ya. Kalau sudah punya pasangan halal sih nggak bakal butuh tukang pijat lagi. Hihi.

 

4. Dan nggak heran kalau setelah menikmati libur lebaran kamu jadi malas untuk kembali ke pangkuan rutinitas

malasnya 🙁 via www.elsalvador.com

Bagi kamu yang sudah memiliki rutinitas pasti dalam keseharian, adanya libur Lebaran yang cukup panjang mungkin menjadi sebuah hadiah yang besar. Dan karena hal itu, nggak heran jika setelah menikmati libur Lebaran kamu jadi merasa malas untuk kembali ke pangkuan rutinitas. Rasanya mungkin nggak bisa dengan rela menerima kenyataan kalau harus segera kembali bekerja. Hiks!

 

5. Pola makan pun jadi kurang teratur karena sudah terbiasa makan saat berbuka dan sahur

makan pun nggak teratur… via www.alcande.com.uy

Mungkin buat kamu yang diet, soal kebiasaan makan yang jadi kurang teratur selama bulan puasa bisa jadi bukan masalah. Namun, hal nggak semua orang bisa merasakan kesenangan itu. Entah apa yang akan terjadi pada masing-masing di antara kamu, yang jelas pola makan nggak teratur tersebut bukan nggak mungkin jadi mengganggu, bahkan apesnya bisa-bisa penyakit seputar perut jadi menghampiri. Jadi, untuk yang satu ini, kamu mesti berhati-hati dalam menjaga pola makanmu, ya.

 

6. Buat kamu yang di rumah punya PRT, harus siap jika “si mbak” nggak balik karena alasan kawin sama si pacar di kampung

jangan sampai ini terjadi! via www.rappler.com

Nah, hal ini juga biasa terjadi nih. Dimana Pekerja Rumah Tangga alias PRT yang bekerja di rumahmu memberitahu kalau pasca lebaran dia nggak balik lagi. Alasan yang biasa diberikan adalah karena mereka ingin menikah dengan sang pacar yang setia menunggu di kampung halaman. Ya, untuk itu mungkin kamu perlu memastikan dengan baik dengan “si mbak” apa dia kembali bekerja atau tidak. Jadi kamu nggak repot sendiri nantinya.

 

7. Dan, yang jelas sih setelah Lebaran nanti efek positif yang didapatkan adalah diri kita yang kembali ke fitri

dan kembali ke fitri 🙂 via fusion.kinja.com

 

Satu efek samping yang pasti positif untuk diri kita adalah di mana setelah Lebaran kita adalah pribadi yang kembali ke fitri. Iya, segala ibadah yang dilakukan selama bulan suci Ramadan menjadi sesuatu yang pasti bisa membawa kita jadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan, semoga saja segala ibadah yang sudah dilakukan diterima dengan baik oleh Sang Pencipta.

 

Dan, itulah dia sederet efek yang bukan nggak mungkin bisa kamu dapatkan setelah lebaran nanti. Untuk itu, nggak salah jika kamu turut memikirkan dan mempersiapkannya, ya. Hehe. Selamat menyambut lebaran, Guys! 🙂