7 Hal yang Harus Dilakukan Anak Kos Sebelum Mudik, Jangan Sampai Terlewat ya!

|

Mudik sudah menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia ketika Lebaran tiba. Hampir semua orang yang merantau akan kembali pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar. Saat mudik, tentu mereka akan meninggalkan tempat tinggal mereka di perantauan untuk sementara waktu, baik itu rumah, kontrakan, atau kamar kos. Nah, selama mudik, perlu dilakukan berbagai persiapan, mulai dari kenyamanan berkendara hingga keamanan tempat tinggal. Selain agar mudik lancar, persiapan yang matang juga akan membuat perasaan tenang saat meninggalkan kota rantauan.

Berikut ini Hipwee telah merangkum 7 tips yang perlu kamu lakukan sebelum mudik, agar kamar kos senantiasa aman meski ditinggal lama. Simak yuk!

1. Bereskan kamar sebelum ditinggal, mulai dari tempat tidur sampai kamar mandi

Pastikan kamar dalam keadaan rapi via tipsku-remajaku.blogspot.co.id

Membersihkan kamar ketika akan mudik, apalagi dalam waktu yang cukup lama. Misalnya seperti melepas sprei, sarung bantal dan guling, dan memasukkan boneka atau benda-benda yang mudah berdebu ke dalam plastik. Selain itu, buang juga sampah dan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Jika kamarmu dilengkapi kamar mandi dalam, pastikan juga tidak ada air di bak mandi untuk menghindari nyamuk berkembang biak. Hal-hal tersebut penting dilakukan agar perasaan lebih nyaman ketika kembali dan menghindari bersarangnya kecoa atau laba-laba di dalam kamar.

2. Pastikan melepas semua aliran listrik dan air

Lepas colokan listrik via www.tribunnews.com

Sudah banyak kasus kebakaran terjadi akibat aliran listrik yang korslet. Memastikan tidak ada kabel yang tersambung listrik dapat meminimalisir risiko terjadinya kebakaran atau hal berbahaya lainnya. Selain listrik, air juga perlu benar-benar dipastikan dalam keadaan mati. Tentu saja kamu tidak mau kan mendapati kamarmu sudah digenangi air ketika kamu kembali?

3. Amankan barang-barang berharga di dalam lemari dan jangan lupa menguncinya

Amankan barang-barang elektronik via pixabay.com

Jika kamu tidak ingin membawa barang-barang berhargamu untuk mudik bersamamu, tidak masalah. Tapi jangan sampai kamu menaruhnya di sembarang tempat. Barang-barang elektronik seperti laptop atau kamera wajib sekali diamankan. Simpan di dalam lemari atau ruang penyimpanan lainnya. Jangan lupa pastikan kamu menguncinya rapat-rapat.

4. Kunci semua akses masuk ke dalam kamar kosmu, jangan biarkan maling menjarah kamarmu

Kunci pintu dan semua jendela via ruanghati.com

Sebelum berangkat mudik, penting sekali kamu lakukan double check pada setiap akses masuk kamar kosmu, seperti pintu dan jendela. Lebih baik gunakan pengaman tambahan seperti gembok yang tentunya berkualitas agar tidak mudah dibobol. Biasanya harga gembok yang kualitasnya bagus memang lebih mahal, namun tidak ada salahnya tetap berjaga-jaga akan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

5. Hindari kebiasaan menaruh kunci di sekitar kamar, biasanya pencuri telah hafal modus-modus seperti itu

Hindari meninggalkan kunci di tempat-tempat yang mudah ditebak via travelingyuk.com

Menaruh kunci di bawah pot atau keset memang sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang yang akan bepergian. Sebaiknya kamu tidak melakukannya karena pencuri telah mengetahui cara-cara yang banyak dilakukan orang tersebut. Lebih baik bawa kunci kamar, lemari, atau ruang penyimpananmu untuk mudik bersamamu. Dengan begitu, hati akan lebih tenang karena akan mengurangi risiko orang masuk ke kamar kosmu.

6. Jika kamu punya binatang peliharaan, pastikan ada seseorang yang akan bersedia mengurus peliharaanmu selama mudik

Jangan tinggalkan hewan peliharaanmu sendiri via www.pinsdaddy.com

Jangan sampai kamu lupa bahwa binatang peliharaanmu tetap butuh dirawat selama kamu mudik. Kamu bisa menitipkannya di tempat penitipan hewan atau ke temanmu yang bersedia memastikan hewan kesayanganmu tetap terjaga baik kebersihannya, kesehetannya, makanannya, maupun minumannya. Kamu tentu tidak ingin mendapati peliharaanmu sekarat ketika kamu kembali ke kos kan?

7. Bila perlu, titipkan kamarmu ke orang yang terpercaya seperti pemilik atau penjaga kos

Titipkan kamar ke penjaga atau pemilik kos via blog.mamikos.com

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menitipkan kamarmu kepada pemilik atau penjaga kos. Jika kamu sudah sangat percaya pada mereka, kamu bisa meninggalkan kunci kamarmu untuk berjaga-jaga bila ada sesuatu yang urgent, seperti ada barang yang tertinggal dan kamu butuh dikirimkan, atau hanya sekedar membersihkan kamarmu yang berminggu-minggu ditinggalkan.

Nah, meski lebaran sudah di depan mata, tetaplah mengutamakan keselamatan dan kenyamanan ketika akan mudik ya. Beberapa contohnya dengan melakukan 7 hal di atas. Semoga membantu dan selamat mudik Guys!