7 Sunah yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Akan Salat Idul Fitri. Keberkahannya Menanti di Depan Mata

|

Perayaan Idul Fitri dimulai dengan pelaksanaan salat Id di lapangan. Berbondong-bondong umat muslim menuju lokasi salat sebelum nantinya ditutup dengan khutbah, dan dilanjutkan dengan bersalam-salaman saling meminta maaf satu sama lain. Rasanya pagi saat Idul Fitri tiba semua menjadi syahdu, ditambah dengan lantunan takbir yang berkumandang dari segala penjuru saling bersaut-sautan.

Belum banyak orang tahu bahwa terdapat hal-hal sunah yang dilakukan sebelum pergi menjalankan salat Id. Amalan yang diajarkan Rasulullah saw ini ternyata sangat mudah untuk dipraktikkan, lho. Beberapa diantaranya mungkin sudah kamu lakukan, meski belum sempurna. Jadi, yuk kita pelajari sama-sama!

1. Mandi sebelum berangkat salat Id [Abdurrazzaq, 5754]

mandi dulu via www.detikkesehatan.com

Sebelum melaksanakan salat Id, Rasulullah mandi terlebih dahulu kemudian berdoa; “Ya Allah, sucikanlah hati kami sebagaimana Engkau sucikan badan kami, sucikanlah batin kami sebagaimana Engkau telah menyucikan lahir kami, sucikanlah apa yang tersembunyi dari orang lain sebagaimana Engkau telah menyucikan apa yang tampak dari kami”.

2. Gunakan pakaian terbaik dan pakai wewangian bagi laki-laki [Bukhari (886), Muslim (2066)]

Pakai baju terbaik via bajumuslimodern.com

“Rasulullah SAW memerintahkan kita di dua hari raya mengenakan pakaian terbagus yang kita miliki, menggunakan parfum terbaik yang kita miliki, dan berqurban (bersedekah) dengan apa saja yang paling bernilai yang kita miliki.” (HR Al-Hakim)

Yang diajarkan bukanlah memakai baju baru, tapi Rasulullah memerintahkan kita untuk berpakaian dan berpenampilan yang baik ketika hari raya. Sedangkan berhias justru diterapkan pada laki-laki dengan memakai wewangian, sedangkan wanita tidak.

3. Makan sebelum salat karena jadi pertanda berakhirnya puasa Ramadan [Hadits Bukhari, 953]

Makan kurma via www.bantennews.co.id

Makan sebelum salat Id menjadi pertanda bahwa hari itu umat Islam menghentikan puasanya. Rasulullah sendiri biasanya memakan kurma dalam jumlah ganjil, seperti satu, tiga, dan seterusnya. Selain kurma, kita juga bisa memakan kue-kue atau makanan lain untuk mengisi perut sebelum melakukan salat Id.

4. Jika memungkinkan, pergi ke lokasi salat Id dengan berjalan kaki [Bukhari (913), Muslim (889)]

Jalan kaki via www.panoramio.com

Jika memungkinkan, pergilah ke lokasi salat Id dengan berjalan kaki. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk syiar bahwa betapa banyaknya umat Islam berbondong-bondong menuju tempat dilaksanakannya salat Id.

5. Walaupun tidak salat, wanita dianjurkan untuk datang dan hadir pada saat salat Idul Fitri [Hadits Bukhari (971), Hadits Muslim (890)]

Tetap berangkat meski mens via mukzizatislam.blogspot.co.id

Wanita yang sedang tidak solat pun dianjurkan untuk tetap datang dan hadir pada saat salat Idul Fitri. Seperti pada poin sebelumnya, hal ini ditujukan sebagai bentuk syiar pada selain umat muslim khususnya bahwa pada hari itu, semua orang merayakan datangnya hari kemenangan.

6. Ucapkan takbir dimulai dari pagi hari hingga imam memulai salat Idul Fitri [Ibn Abi Syaibah, 5621]

Kumandangkan takbir via www.nakhodaku.com

Takbir memang sudah berkumandang sejak malam sebelumnya. Namun, jangan lupa bahwa tetap selalu kumandangkan takbir di pagi hari ketika kita sedang persiapan berangkat salat Id, saat sedang dalam perjalanan menuju lokasi solat Id, hinggga imam memulai salat Idul Fitri.

7. Gunakan jalan yang berbeda pada saat akan pergi dan saat pulang dari salat Idul Fitri [Hadits Bukhari, 986]

Pulang salat id via makassar.tribunnews.com

Memilih jalur yang berbeda saat berangkat dan pulang usai salat Id dimaksudkan agar makin banyak bertemu orang-orang di sekitar kita, makin banyak bersilaturahmi dengan para tetangga. Jika hanya melewati jalur yang sama, mungkin saja yang kamu temui tidak sebanyak saat mengambil jalur berbeda. Selain itu juga menunjukkan bahwa inilah umat Islam, yang keluar menuju Allah, dan kembali kepada-Nya, mensyukuri nikmat-Nya, dan berjalan di muka bumi ini agar memperoleh keridhaan-Nya.

Jadi, sudah siap untuk salat Idul Fitri besok?