8 Buah-Buahan Tropis yang Bagus untuk Jadi Takjil. Kata Siapa Buka Puasa Harus Serba Kurma?

|

Berbukalah dengan yang manis.

Karena yang manis dipercaya bisa memulihkan tenaga. Tapi sesuatu yang manis bukan berarti kudapan yang cukup berat seperti kolak yang bersantan. Manis di sini lebih kepada kurma atau buah-buahan. Setidaknya sesuatu yang mudah dicerna, mengingat sudah seharian perutmu ini dikosongkan. Semantara buah sendiri, di Indonesia sendiri ada banyak yang baik untuk jadi menu awal buka puasamu. Buah-buah tropis yang nggak cuma memberikan rasa manis, tapi juga kaya vitamin dan kandungan nutrisi lain yang baik untuk kesehatanmu. Pastinya buah-buah ini mudah dan murah didapatkan!

 

1. Pisang, buah yang kaya vitamin c dan kalsium ini cocok untuk dikonsumsi sebagi takjil karena memiliki glikemik indeks yang cukup tinggi

Pisang via www.pexels.com

Kadar glikemiknya yang tinggi ini yang membuat pisang cepat meningkatkan kadar gula dalam darah yang berkurang selama puasa. Tapi makan pisangnya pun secukupnya saja ya.

 

2. Si merah yang kaya dengan kandungan air dan vitamin A juga C ini cocok jadi penyegar tubuh

semangka via www.pexels.com

Selain menadi penyejuk setelah seharian berpuasa, semangka pun jadi andalan untuk memerangi radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker. Mengingat warna merah pada semangka jadi penanda tingginya likopen, salah satu komponen karotenoid yang menjadi anti-oksidan.

 

3. Selain murah dan juga mudah di dapat, pepaya punya kandungan serat dan gizi yang cukup untuk mencukup kebutuhan tubuh per harinya

Pepaya via www.pexels.com

Kamu pasti sudah tahu kan, kalau buah yang juga kaya dengan betakaroten, beta-cryptoxanthin, serta lutein dan zeaksantin ini jadi andalan untuk melancarkan pencernaan. Tapi kamu pun perlu tahu, kalau satu potong pepaya ukuran 140 gram itu menyumbang vitamin C sebesar 150% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta 10% serat untuk tubuh.

 

4. Beruntung di Indonesia punya buah Timun Suri yang punya banyak kebaikan jika dikonsumsi saat berbuka puasa

Timun suri via beritadaerah.co.id

Buah yang bertekstur lembut dan cukup manis ini tak hanya baik untuk penderita gangguan pencernaan seperti maag atau asam lambung. Tapi juga penderita diabetes, kolesterol bahkan kamu yang ingin punya kulit lebih sehat. Karena memang buah ini punya kandungan karbohidrat kompleks yang berkhasiat menaikan gula darah secara perlahan.

Sementara kandungan potasium, serat, saponin, dan magnesium dalam timun suri bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Sisanya sudah pasti aneka antioksidan mulai dari vitamin A, B, C, magnesium, kalium, mangan, sampai silika yang terbukti baik untuk tubuh termasuk kulitmu.

 

5. Blewah yang juga melimpah di bulan Ramadan ini tak boleh tertinggal sebagai minuman penyegar saat buka puasa

Belewah via id.wikipedia.org

 

Sama seperti timun suri, buah blewah pun memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf.

 

6. Biarpun mengupasnya cukup sulit, salak sebenarnya punya kandungan gizi yang cukup baik untuk mengenyangkan perutmu sementara

Biarpun tak setenar buah-buah sebelum, salak ini punya manfaat yang tak bisa kamu sepelekan. Kandungan vitamin C-nya sudah jelas baik untuk meningkatkan sistem imun. Lalu ada kandungan tanin yang bisa jadi obat diare alami. Pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Sampai kandungan betakaroten yang ternyata lima kali lebih banyak dari wortel, tomat, mangga atau semangka.

Tapi yang lebih penting karbohidrat di salak cukup lho membuatmu kenyang sementara!

 

7. Belimbing juga nggak kalah segar dari semangka atau blewah

Sama seperti buah-buah sebelumnya, yang kaya serat, vitamin C, dan provitamin A, dan pastinya belimbing juga bagus untuk mengontrol kadar kolesterol saat berpuasa.

 

8. Jambu biji merah bisa jadi minuman alternatif yang juga mengenyangkan perutmu saat buka puasa

Jambu merah memang paling enak dibuat menjadi jus. Apalagi dengan rasa manis dan tekstur yang cukup unik. Sementara kandungan gizi serta manfaatnya tak perlu kamu pertanyakan lagi.

Kalau kamu sendiri, kira-kira mau buka pakai buah yang mana nih? Biar kamu tetap sehat dan pastinya puasanya lancar selalu.