8 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara. Duh, Jadi Ngiler Lihatnya…

Fatkhur Rozi |

Lebaran kurang dari beberapa hari lagi. Yang tengah merantau kini mulai bersiap untuk mudik ke kampung halaman. Yang sudah di kampung halaman mulai bersiap-siap menyambut lebaran. Mulai dari membeli baju baru, menyiapkan angpao hingga membeli jajanan yang akan disuguhkan pada tamu saat lebaran nanti.

Satu hal yang jelas tak akan lupa di budaya Indonesia. Lebaran nggak lengkap tanpa adanya ketupat dan opor ayam. Banyak loh anak rantauan yang jauh-jauh kepingin pulang salah satu alasannya karena kangen opor ayam dan ketupat buatan Ibu. Nah itu kalau di Indonesia, ternyata di negara-negara lain juga ada loh hidangan istimewa khas lebaran. Biar nggak penasaran, nih silahkan dinikmati ya…

1. Di Mesir ada Kahk yang jadi makanan khas lebaran. Kue ini pasti ada saat Lebaran tiba

Enak nih kayaknya via cloudfront.net

Kalau di Indonesia punya nastar sebagai jajanan primadona, di Mesir ada yang namanya Kahk sebagai jajanan khas saat lebaran. Bayangkan saja, Kahk adalah kue kering berisi kacang yang ditaburi gula bubuk sebagai pelengkapnya. Gimana nggak enak tuh? Kue ini sendiri konon katanya sudah ada sejak zaman Mesir kuno loh.

2. Nah kalau Debyaza, Halawa Turki dan Ta’teema adalah makanan khas Lebaran yang wajib ada di Turki

Kuenya yang di belakang itu loh via perutgendut.com

Buat kamu yang belum tahu, debyaza adalah semacam puding yang terbuat dari Aprikot. Nah kalau Halawa sendiri adalah puding tradisional Turki. Sementara penganan Ta’teema sendiri adalah makanan khas lebaran yang dibuat dari keju, mentega, selai dan telur matang. Ketiganya pasti sudah disiapkan sejak 3 hari mejelang Lebaran. Ini bukti kalau makanan ini khas banget buat warga Muslim Turki.

3. Pakistan punya Sheer Khurma sebagai makanan khas lebarannya. Cara buatnya sederhana loh…

Duh, jadi leper via www.ruchiskitchen.com

Makanan ini adalah makanan wajib lebaran di Pakistan sana. Cara buatnya gampang kok. Sheer Khurma sendiri adalah buah kurma yang dimasak dengan susu dan mi soun (vermicelli) hingga menjadi pudding. Enak nih disajikan setelah salat Ied.

4. Sa Nwin Ma Kin adalah makanan khas bagi Muslim di Myanmar. Puding enak ini dibuat khusus saat lebaran

Cocok buat camilan sore saat lebaran via chumkieskitchen.blogspot.co.id

Makanan ini adalah makanan berbahan semolina atau butiran gandum. Bentuknya seperti pudding dengan rasa yang gurih dan manis. Saat Lebaran tiba, makanan yang satu ini bisa dipastikan ada. Nah biasanya ia disajikan dengan Danbauk Htamin, semacam nasi biryani yang disajikan dengan irisan mangga, daun mint dan cabe hijau.

5. Dari budaya masyarakat Tiongkok punya Sup Mie La Mian sebagai makanan khas Muslim. Lebaran pasti ada nih

Rasanya pedes! via cdntwrk.com

Berbeda lagi dengan budaya di Tiongkok sana. Makanan khas lebaran yang ada di sana berbentuk mie! Menu khas Lebaran di Tiongkok mengandalkan La Mian yang artinya mi tarik. Nah sup mi tarik ini biasanya dihidangkan saat masih hangat dan disantap bersama keluarga. Ini nih yang beda dari budaya makanan lebaran di negara lainnya.

6. Sedangkan Muslim di Bangladesh punya Kari Chotpoti sebagai makanan khasnya. Asli, ini ngenyangin banget!

Ini mengenyangkan via pinterest.com

Nah hidangan khas Lebaran di Bangladesh sebenarnya nggak beda-beda amat dari makanan di Indonesia. Cirinya, bersantan. Kari Chotpoti ini isinya kacang polong, telur dan kentang. Nah yang bikin beda dari kari-kari lainnya, makanan khas Lebaran di Bangladesh ini tak memakai daging sama sekali loh.

7. Bagi warga Muslim di Irak, Klaicha adalah makanan khas lebaran bagi mereka. Kue ini rasanya manis dan gurih

Manis dan gurih campur jadi satu via yumgoggle.com

Kalau di Irak, kurma adalah menu utama mereka. Karena itu sajian saat lebaran mereka juga nggak jauh-jauh dari olahan kurma. Namanya Klaicha. Makanan ini berupa kue beraroma mawar yang isinya adalah kacang-kacangan dan kurma. Saat lebaran tiba, jajanan ini wajib ada!

8. Bahkan, Muslim Amerika punya Italian Vegetarian Pasta dan ayam panggang gaya Amerika sebagai kuliner khas lebarannya!

Woaah… Jadi laper via tokohobi.net

Kamu pasti nggak nyangka. Nyatanya Muslim di Amerika punya tradisinya sendiri menyambut Lebaran. Meskipun nggak khas-khas banget, namun Italian Vegetarian Pasta dan Ayam Panggang American Style ini sudah jadi kultur lebaran tersendiri. Hal ini karena biasanya makanan tersebut dimasak bersama-sama oleh komunitas Muslim di Amerika sana. Mereka akan berkumpul, masak dan makan bersama saat lebaran tiba. Bisa dibilang makanan ini menyatukan mereka.
Gimana? Kamu ngiler nggak lihatnya? Ah jadi pengen nyicip makanan-makanan itu. Semuanya kelihatan enak, sih… Hehe