Agar Haus Dapat Diminimalisir Selama Berpuasa, Terapkan Beberapa Tips di Bawah Ini Yuk!

|

Sudah barang pasti bahwa ketika berpuasa seharian, kita akan merasakan lapar dan haus. Tapi ada beberapa orang yang mengaku lebih sulit menahan haus daripada menahan lapar. Di hari-hari biasa kita terbiasa meminum air setiap jam, berbeda dengan makan yang hanya 3 kali sehari. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor mengapa rasanya susah sekali menahan dahaga seharian dari pagi hingga petang.

Tentu faktor di atas tidak hanya menjadi satu-satunya alasan haus kerap menyiksa. Aktivitas, cuaca, dan apa yang dikonsumsi ternyata juga dapat mempengaruhi seberapa dahaga orang ketika berpuasa lho. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebabnya, kalian pun bisa tetap fokus berpuasa dan beribadah dengan meminimalisir rasa haus melanda. Berikut Hipwee bagikan beberapa tipsnya buat kalian!

1. Tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal 8 gelas sehari

Minum teratur

Minum teratur via www.wowkeren.com

Meski sudah banyak yang tahu tips satu ini, tapi ternyata masih sedikit orang yang benar-benar menerapkannya lho. Ketika berpuasa, jangan biarkan tubuh kekurangan cairan dengan minum minimal 8 gelas sehari. Jika kerepotan kalau harus minum 8 gelas secara langsung, kamu bisa membagi jatah minum air putih saat sahur dan berbuka. Misalnya 3 gelas pertama ketika sahur, 3 gelas selanjutnya ketika berbuka, dan 2 gelas terakhir saat akan tidur malam. Dengan begitu asupan cairan tubuh tetap terpenuhi meski sedang berpuasa.

2. Hindari minuman kemasan yang berlebihan, karena kandungan pemanis buatannya justru bikin gampang haus

Hindari minuman kemasan

Hindari minuman kemasan via erakini.com

Tak jarang dari kita memilih membatalkan puasa dengan minuman kemasan karena selain praktis rasanya pun juga enak. Namun perlu kalian tahu bahwa di dalam setiap minuman kemasan mengandung pengawet dan pemanis buatan yang justru akan membuat gampang haus. Akan lebih baik jika kalian memilih minuman homemade seperti jus buah asli, teh manis, dan lain-lain. Jangan lupa tetap konsumsi air putih agar seimbang ya.

3. Perbanyak konsumsi buah-buahan. Selain sehat, buah juga dapat membantu menahan dahaga lho

Konsumsi buah lebih banyak

Konsumsi buah lebih banyak via www.wowkeren.com

Semua orang juga tahu kalau buah banyak sekali khasiatnya untuk tubuh. Buah sangat kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi buah ketika sahur dan berbuka akan membantu kelancaran sistem pencernaan dan membuat kenyang lebih tahan lama. Selain itu tentu saja kita dapat terhindar dari rasa haus berlebih. Tapi jangan lupa untuk memilih buah-buahan yang masih segar ya!

4. Selama puasa, sebaiknya kurangi konsumsi sambal dan garam ya baik saat sahur dan berbuka

Kurangi sambal

Kurangi sambal via kintakun-collection.co.id

Makanan pedas selain tidak baik untuk pencernaan jika dikonsumsi secara terus menerus, juga hanya akan memancing rasa haus berlebih. Memang sih sebagai orang Indonesia yang akrab dengan makanan pedas, seringkali kita tidak bisa terhindar untuk tidak makan pakai sambal. Tapi saat puasa sebaiknya sih kalian kurangi konsumsi makanan pedas supaya kondisi perut tetap nyaman dan terhindar dari rasa dahaga. Sama halnya dengan garam yang ternyata dapat meningkatkan haus lebih sering datang nih. Jadi ada baiknya kalian bisa lebih mengontrol konsumsi dua jenis makanan di atas.

5. Jaga suhu tubuh supaya tetap normal

Jaga suhu tubuh tetap normal

Jaga suhu tubuh tetap normal via www.deherba.com

Biasanya haus datang ketika temperatur tubuh berada di atas suhu normal. Saat itu tubuh akan beradaptasi dengan cara mengeluarkan keringat untuk mendinginkan diri. Oleh karena tubuh mengeluarkan cairan berupa keringat, otomatis tubuh akan membutuhkan cairan pengganti. Wajar jika kepanasan kita pasti merasakan haus. Nah jika tidak ingin haus berlebihan, saat puasa sebaiknya sebisa mungkin menghindari terpapar sinar matahari, terlebih ketika matahari sedang panas-panasnya yaitu jam 10 pagi dan 3 sore. Jika kalian memang harus beraktivitas di liar, gunakan pakaian dengan bahan yang dingin seperti katun dan linen, serta pilih warna cerah yang akan memantulkan sinar matahari, bukannya menyerap. Dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan berkeringat, kamu akan terhindar dari rasa haus melanda.

6. Jika suhu tubuh terlalu panas, berendamlah dengan air yang sejuk

Dinginkan tubuh ketika kepanasan

Dinginkan tubuh ketika kepanasan via www.menshealth.com

Tak bisa dipungkiri, berendam dapat membantu mendinginkan tubuh ketika cuaca sedang panas-panasnya. Yang perlu diingat, gunakan air yang sejuk, bukan yang dingin. Air yang terlalu dingin justru akan membuat tubuh kembali berkeringat karena harus menyesuaikan dengan suhu normal ruangan. Selain itu menaruh es batu di dalam handuk tipis dan menempelkannya di leher dan pergelangan tangan selama dua menit juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh lho. Karena di dua area tersebut terdapat pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit sehingga suhu dingin bisa ditransfer ke seluruh tubuh.

Alih-alih memutuskan batal berpuasa, kamu bisa beberapa tips di atas yang dapat membantu terhindar dari rasa haus berlebih. Selamat berpuasa Guys!