Bersyukurlah Karena Kamu Tinggal di Indonesia. Di Negara-negara Ini Umat Muslim Puasanya Super Lama!

|

Berbeda dengan jadwal masuk sekolah yang saklek dari jam 7 sampai jam 16.00, jadwal puasa memang senantiasa berubah setiap tahunnya. Soalnya puasa yang dilakukan dari terbit fajar hingga matahari terbenam, sangat dipengaruhi oleh pergerakan matahari.

Sebagai negara yang dilalui garis khatulistiwa, waktu puasa di Indonesia memang relatif stabil dan sama setiap tahunnya yaitu kurang lebih 13 jam. Tapi di negara-negara lain nggak begitu lho. Ada yang puasanya sampai 20 jam. Nggak hanya itu, tahun ini diperkirakan musim panas akan mencapai suhu tertinggi sepanjang sejarah. Tak hanya lama, tapi cuacanya juga tambah panas! Penasaran negara mana yang puasanya paling lama? Yuk, scroll ke bawah!

 

1. Untuk yang belum tahu, banyak lho penduduk Cina yang Muslim. Tahun ini mereka berpuasa selama 16.14 jam setiap harinya

Agama Islam sudah ada di Cina sejak 1400 tahun yang lalu. Saat ini ada lebih dari 100 juta muslim yang tinggal di Negara Tirai Bambu itu. Diantaranya adalah suku Uyghur yang terkonsentrasi di Provinsi Xinjiang. Untuk tahun ini waktu puasa di daratan Cina kurang lebih 16 jam lebih 14 detik. Nggak jauh berbeda dengan Tajikistan, yaitu 16 jam 04 menit. Sementara negara yang katanya bakal jadi saingan Cina soal populasi penduduk, muslim di India akan berpuasa selama 15 jam lebih 5 menit.

2. Di Indonesia, pukul 18.00 sudah siap-siap buka puasa. Di Belgia, adzan magrib akan berkumandang sekitar jam 10 malam

Muslim di Belgia via www.thesun.co.uk

Di Indonesia, umumnya kita mulai puasa pukul 04.30 sampai sekitar pukul 18.00. Bayangkan bila kamu berada di Belgia. Di sana, puasa dimulai sejak pukul 3.12 pagi dan baru berakhir pukul 9.41 malam. Jarak antara buka puasa dan sahur pun nggak sampai 6 jam lho. Puasa lebih dari 18 jam ini juga dialami oleh negara-negara tetangganya seperti Belanda, Republik Ceko, dan Austria.

3. Kazakhstan adalah negara Asia yang puasanya paling lama. Bayangkan kamu menahan lapar dan dahaga sampai 18,5 jam setiap harinya

menyajikan hidangan berbuka di Kazakhstan via travel.nationalgeographic.com

Kazakhstan adalah negara pecahan Uni Sovyet yang berada di dua benua. Sebagian besar wilayahnya ada di Benua Asia, dan sebgaian kecil lainnya berada di Eropa. Negara yang berbatasan langsung dengan Russia dan Ukraina 70% penduduknya adalah Muslim. Nggak seperti negara Asia lainnya, puasa di Kazakhstan lamanya sampai 18,5 jam, yaitu dari 2.43 AM sampai 9.15 PM.

4. Bulan puasa saat musim panas di Benua Eropa memang sedikit berat. Di Swedia, puasa dimulai sejak jam 2 pagi sampai jam 9.30 malam

Puasa di Swedia via www.aljazeera.com

Bila matahari sedang berada di Selatan, maka Eropa akan mengalami waktu puasa yang pendek, dan sebaliknya. Tahun ini, kebetulan puasa jatuh di bulan Juni saat matahari sedang ada di Selatan. Maka matahari nyaris tak terbenam di negara-negara tersebut. Temanmu yang berada di London akan puasa dari pukul 2:29 am sampai 9:03 pm. Sementara yang berada di Russia akan puasa selama 19 jam, dan yang berada di Swedia dan Norwegia puasanya lebih dari 19,5 jam.

5. Amerika Serikat dan Kanada tidak jauh berbeda. Lamanya puasa antara 16,5 sampai 17,5 jam perharinya

Ramadhan Camp di Amerika via america.aljazeera.com

Mengesampingkan heboh Donald Trump dan diskriminasi kaum migran di Amerika, Ramadhan tetap saja dinantikan oleh umat Muslim. Tahun ini saudara-saudara kita yang berada di Amerika Serikat, khususnya Washington DC dan sekitarnya akan puasa selama 16 jam lebih 29 menit. Sementara yang tinggal di Kanada puasanya selama 17 jam lebih 24 menit.

6. Dan yang waktu puasanya paling lama adalah….Islandia! Puasa di sana sampai 21 jam lho. Kira-kira kamu kuat nggak tuh?

Siang hari datang terus menerus via mvslim.com

Puasa 15 – 19 jam saja rasanya sudah sangat sulit kita bayangkan. Tapi apakah itu yang terlama? Nope. Islandia dan Greenland yang paling lama. Puasanya lebih dari 21 jam setiap harinya. Tapi karena posisinya berada di kawasan Kutub Utara, barangkali suhu cuaca tak sepanas di daerah khatulistiwa. Rekor suhu tertinggi Islandia sepanjang sejarah saja hanya 30,5 derajat celcius. Tapi meski udara sejuk pun, puasa selama 21 jam pasti sangat berat ya.

7. Siapa tahu kamu berniat umrah di bulan puasa, Arab Saudi punya waktu puasa yang masih wajar kok. 15 jam nggak terlalu lama bukan?

Sambut Ramadhan di Arab Saudi via www.arabianbusiness.com

Tingginya suhu dan banyaknya gurun pasir, membuatmu berpikir bahwa puasa di Arab Saudi pastilah sangat lama? Di antara negara-negara Timur Tengah, yang paling lama puasanya adalah Iran yaitu lebih dari 16 jam. Nah, bila kamu ada rencana untuk Umroh selama bulan Ramadhan ini, di Arab Saudi kamu berpuasa selama 15 jam.

 

Sementara negara-negara diatas puasanya super lama, yang paling enak yang puasa di Argentina dan Australia. Di Argentina, lamanya puasa hanya 11 jam 32 menit, dan Australia sekitar 11 jam 35 menit. Berniat tinggal sementara di dua negara tersebut selama bulan puasa? Yang penting 13 jam puasa yang kita lalui sehari-hari, harus maksimal ya. Selamat puasa!