Biar Setelah Sahur Kamu Nggak Lanjut Tidur, 8 Kegiatan Ini Bisa Buat Jiwa Ragamu Makmur

|

Sudah kenyang, hawa-hawa ngantuk pasti mudah datang tapi sulit untuk dilawan. Apalagi saat sahur sisa-sisa mengantuk masih sedikit menempel, jadilah selepas sahur itu waktu-waktu yang rawan untuk tidur lagi. Padahal aslinya jarak antara imsak dengan subuh pun tak jauh. Jadi daripada kamu tidur lagi dan khawatir kelewat waktu subuhannya, kenapa tak berusaha sekali untuk membuat dirimu terjaga. paling tidak sampai lewat waktu subuh dan matahari pagi mulai terbit.

Karena sebenarnya ada banyak lho kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah sahur. Kegiatan yang bisa jadi berfaedah, serta menambah pahala ibadahmu. Kira-kira apa saja, disimak baik-baik ya ulasan Lembaran Putih kali ini.

 

1. Bantu bersih-bersih rumah, hitung-hitung olahraga ringan

Daripada tidur lagi dan membuat makananmu tak terolah dengan baik, yang ujung-ujungnya malah bikin berat badanmu naik, bukankah lebih bagus kalau kamu bantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah?! Nggak perlu yang berat-berat seperti cuci pakaian. Kamu bisa bantu merapikan meja makan selepas sahur tadi dan mencucikan piring. Bisa juga sekadar menyapu rumah beserta halaman rumahmu. Lumayan bisa olahraga sedikit-sedikit.

 

2. Ngerjain tugas atau kerjaan, kan sah-sah saja meski jam-jam sibuk belum tiba

Ngerjain tugas

Ngerjain tugas via www.pexels.com

Coba diingat-ingat lagi, ada nggak tugas atau kerjaan yang belum diselesaikan?! Kalau ada kenapa nggak coba dikerjakan setelah sahur saja. Nggak ada salahnya kan belajar atau kerja lebih awal, selama itu baik. Lagipula daripada ditunda dan buatmu keteteran, bukankah mengerjakan sekarang setelah sahur jadi keputusan yang tepat.

 

3. Ngobrol sama orang rumah, biar tali kekeluargaan kalian semakin erat

Ngobrol bareng keluarga

Ngobrol bareng keluarga via www.teenworldconfidential.com

Karena bulan Ramdhan ini bisa jadi ajang silahturahmi ke keluarga sendiri. Kalau selama ini kamu sedikit sekali punya waktu untuk kumpul atau sekadar berbicang dengan ayah-ibumu sekalipun satu atap. Di bulan yang penuh berkah ini momen buka puasa atau sahur lah bisa jadi waktu yang tepat untuk menjalin kebersamaan itu lagi. Tanya kabar orangtuamu biarpun setiap hari kamu pasti melihat mereka. Ceritakan juga hal apa saja tentangmu yang akhir-akhir ini kamu simpan sendiri. Coba dengarkan juga dengan seksama bagaimana suara ayah dan ibumu sekarang.

 

4. Jangan nonton sinetron atau acara gosip yang banyak mudaratnya, tapi berita atau acara mendidik lainnya

17882861_777259679098625_9103963399041056768_n

Bukankah saat Ramdhan banyak acara-acara TV yang bagus-bagus? Seperti acara travelling ke tempat yang kaya dengan peninggalan islam, atau acara yang mengenalkan kita tradisi Ramadhan di negara lainnya. Sah-sah saja juga kalau sekadar melihat acara dagelan kekinian, selama bahan leluconnya pun masih wajar. Yang jelas menonton televisi lah selama itu tak mengganggu ibadah puasamu.

 

5. Jalan-jalan di taman komplek atau area hijau lain yang ada di sekitar tempat tinggalmu, lumayan untuk hirup udara segar

Jalan-jalan

Jalan-jalan via www.pexels.com

Kalau memang mau benar-benar olahraga, lakukan saja yang ringan seperti jalan-jalan berkeliling daerah rumahmu. Beruntung kalau di sekitar rumahmu ada taman atau area hijau lainnya. Kamu jadi bisa menunggu waktu subuh sambil menghirup udarara segar. Siapa tahu niatmu pun berkembang lebih luas lagi, kenapa nggak sekalian jalan ke arah masjid atau musala dekat rumah untuk menunaikan sholat subuh berjamaah.

 

6. Membaca hal-hal ringan di pagi hari, nggak cuma menambah informasi tapi juga mengurangi stres dan menstimulasi otakmu ini

Baca-baca

Baca-baca via www.pexels.com

Jangan malas membaca. Sebab membaca itu jendela dunia.

Kamu pasti sudah sering mendengarkan kalimat seperti itu. Karena memang membaca itu kegiatan yang dibutuhkan semua manusia. Dan perlu kamu tahu juga, membaca di pagi hari itu banyak manfaatnya. Nggak cuma memudahkan informasi tercena dengan baik, tapi pun bisa sebagai stimulus untuk otakmu dan mengurangi stress. Asalkan yang kamu baca ini hal yang bermuatan postif lho ya.

 

7. Ngaji paling nggak beberapa halaman perhari, biar target khatam Al-quranmu tercapai

Khatam Al-Quran

Khatam Al-Quran via thestrategybridge.org

Kalau mau menstimulasi otakmu lebih baik lagi, kamu bisa membaca Al-Quran atau mengaji. Biar ibadahmu kali ini jauh lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya. Biar targetmu untuk khatam Al-Quran di bulan yang suci pun bisa tercapai. Lumayakan kalau 15 sampai 30 menit kamu pakai untuk mengaji, bisa berapa banyak ayat yang kamu selesaikan.

 

8. Buat cewek, memanjakan diri dengan maskean atau luluran kenapa nggak?!

diy-face-mask-1

Sebenarnya cewek atau cowok sah-sah saja kok kalau ingin memanjakan dirinya seperti maskeran mungkin. Toh cowok juga perlu perawatan supaya penampilannya tetap maksimal. Jadi daripada tidur, kegiatan yang bisa kamu lakukan selanjutnya ya dengan merawat atau memanjakan diri. Biar pas lebaran nanti nggak cuma ibadahmu saja yang maksimal, tapi juga penampilan.

Jadi, masih ada nggak nih yang mau tidur setelah santap sahur?!