Buat Kalian yang Memutuskan Mudik dengan Berkendara, Yuk Perhatikan Hal Berikut Biar Mudikmu Nyaman

|

Idul Fitri adalah saat-saat di mana keluarga berkumpul. Tradisi mudik bahkan sudah mendarah daging si masyarakat Indonesia dan dilakukan menjelang Lebaran. Bahkan bukan hanya umat Muslim, libur panjang Lebaran  juga menjadi momen yang dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat untuk kembali ke kampung halaman.

Untuk kalian yang mudik dengan kendaraan, ada banyak nih yang harus diperhatikan. Supaya mudik jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Yuk simak uraian Lembaran Putih Hipwee berikut. Biar mudik tahun ini kamu lebih sukses dan silaturahmi jadi lebih lancar.

1. Jika mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan cek mesin kendaraan dan perkirakan apakah kendaraanmu layak tempuh jarak jauh

Abang Beckam aja cek kendaraan via id.pinterest.com

Ini adalah hal penting yang harus kamu lakukan menjelang mudik dengan kendaraan pribadi guys. Kondisi kendaraanmu harus prima dan usahakan mampu menempuh perjalanan jauh ya. Sediakan ban cadangan untukmu yang mengendarai mobil. Jangan lupa untuk cek kondisi rem kendaraanmu. Bawalah peralatan-peralatan yang sekiranya akan kamu butuhkan jika terjadi apa-apa di tengah jalan. Jika kamu sudah yakin kondisi kendaraanmu sudah 100% artinya kamu sudah siap tempur. 😀

2. Sediakan obat-obatan yang dibutuhkan saat perjalanan

Jangan lupa dibawa via www.rmolbanten.com

Kesehatan itu mahal harganya. Usahakan kondisi tubuhmu juga selalu prima ya selama perjalanan. Bawalah setidaknya obat-obatan untuk jaga-jaga seandainya kondisi tubuhmu mulai drop. Misalnya obat masuk angin, minyak angin, obat mabok kendaraan, hingga obat sakit kepala. Mudik nggak akan berarti apa-apa kalau kondisi tubuhmu nggak bisa diajak kompromi loh. Lebih baik lagi jika kamu rajin mengonsumsi vitamin C menjelang Lebaran agar kondisi kekebalan tubuhmu bekerja maksimal dan akan menghindarkanmu dari ancaman sakit.

3. Persiapan logistik adalah bahan bakar buat tubuhmu, jangan lupa dipersiapkan ya…

Bekal perjalanan via autobild.co.id

Siapa sih yang mau kelaparan selama perjalanan? Mau mudik dengan mobil atau motor, jangan segan-segan untuk persiapkan makanan cadangan ya. Mengandalkan beli makanan di jalan itu bukan hal bijak. Ingat, hampir sebagian besar masyarakat memilih merayakan hari raya ketimbang berjualan makanan kan? Untuk itu setidaknya bawalah makanan pengganjal seperti roti sobek, buah-buahan, susu, dan air mineral yang cukup mengenyangkan perutmu. Jika sekiranya tidak repot, bisa juga kamu membawa bekal ketupat dan opor biar mudikmu makin terasa lebaran banget.

4. Cek kembali barang bawaan dan packing dengan baik

Ditata dengan baik via www.huffingtonpost.com

Rasanya pasti nggak enak jika ada suatu barang yang seharusnya kamu bawa malah justru tertinggal. Apalagi jika itu adalah barang-barang yang penting seperti charger ponsel, dompet, dan oleh-oleh. Usahakan semua barang yang memang kamu bawa sudah masuk tas dengan baik. Buatlah checklist barang yang akan kamu bawa dan lakukan packing dengan disiplin. Jangan mempersiapkan dengan mendadak ya guys, sebagian besar barang ketinggalan adalah akibat kelupaan karena kamu terburu-buru dalam packing.

5. Jika menggunakan kendaraan umum, pastikan barang bawaanmu akan aman

Biar aman dan tenang via www.pojoksamber.com

Saat-saat menjelang Lebaran, hampir bisa dipastikan semua kendaran umum pasti penuh. Baik mudik menggunakan bus, kereta, kapal, maupun pesawat terbang, tidak ada salahnya memastikan barang bawaanmu aman. Tutup dengan baik resleting ransel dan kompermu. Jika ranselmu tidak memiliki kunci, kamu bisa gunakan kunci gembok untuk melindungi barang-barang berhargamu. Pastikan dompet kamu letakkan ransel bagian dalam, karena meletakkan di bagian luar akan sangat rawan pencopetan. Sediakan uang seadanya saja di saku untuk berjaga-jaga jika kamu membutuhkan. Selain itu, usahakan ponsel diletakkan tidak jauh dari jangkauan tanganmu, atu letakkan di dalam tas jika kamu tidak berniat menggunakannya.

6. Agar perjalananmu lebih menyenangkan, siapkan playlist kesukaanmu atau bawalah benda-benda yang membantumu melepas kebosanan

Mudik makin asik via videohive.net

Suka dengerin musik? Jangan lupa siapkan playlist untuk didengarkan saat perjalanan mudik nanti. Dengan menderngar musik, rasanya jarak yang ditempuh jadi nggak terasa jauh. Alternatif lainnya untukmu yang suka membaca, kamu bisa membawa buku bacaan yang bisa melepas kebosananmu selama di perjalanan.

Wah rasanya nggak sabar ya untuk merayakan hari raya dan berkumpul bersama kerabat. Tenang guys sebentar lagi kamu akan melaluinya kok. Selamat berlebaran! 🙂