Hal-hal yang Sering Kamu Rasakan Saat Halal Bihalal. Meski Basa-basi, Tapi Bikin Ingat Masa Lalu

Fatkhur Rozi |

Setelah 30 hari menjalani ibadah puasa Ramadan, datanglah hari kemenangan. Di hari bahagia bagi umat Muslim tersebut, kita semua saling bermaafan. Mengucap “minal aidin wal faidzin” jadi tradisi yang tak bisa kita lewatkan begitu saja. Salah satu tradisi lain yang ada saat lebaran adalah tradisi Halal Bihalal. Bagi kamu yang merantau pergi dari kampung halaman, acara ini biasanya jadi acara penting yang berfungsi sekaligus sebagai ajang reunian.

Mendatangi acara halal bihalal artinya kamu harus siap dicecar dengan banyak hal. Mulai dari panggilan khas waktu di kelas hingga mengingat soal guru mana yang jadi musuh bersama kala itu. Paling tidak, kamu pasti akan menemui hal-hal ini jika kamu datang di acara halal bihalal bareng teman-teman sekolahmu dulu…

Biasanya sih pertanyaan klasik “Eh lama nggak ketemu, ya. Kerja di mana sekarang?” pasti ada di tiap halal bihalal

Nanyain kerjaan basa-basi via kapanlagi.com

Pertanyaan klasik ini jelas ada saat kamu dan teman-temanmu lama nggak ketemu. Di usia yang sekarang sudah mulai beranjak dewasa dan mandiri, pertanyaan soal kerja di mana ini pasti bakal lebih sering kamu dengar. Bagi sebagian orang, ini jadi ajang untuk pamer kesuksesan. Tapi bagi sebagian lainnya, ini cuma pertanyaan basa-basi doang.

Pun demikian sama orang yang nanyain status. Ngejek jomblo hingga nanya kapan nikah dan kapan punya momongan ada

“Ada yang jomblo?” via alumnibudimulia.org

Kalimat pertanyaan yang ada hubungannya sama status ini juga pasti ada di tiap acara halal bihalal. Akan ada saja temanmu yang ngejek status kejombloanmu. Seadangkan kamu yang udah punya pacar, ganti bakal dicecar soal kapan naik pelaminan. Nah yang udah nikah, pertanyaannya soal momongan. Yang udah punya anak, bakal ditanya soal nambah momongan lagi. Begitu seterusnya sampai acara kalian kelar. Setelahnya, kamu nggak mau ketemu temenmu yang nanya ini lagi.

Salah satu agenda wajib jelas ngomongin soal masa lalu. Kamu akan dibawa flashback ke zaman sekolah dulu

Nginget masa lalu via madz666.blogspot.co.id

“Eh inget nggak, dulu si Oji sering banget dipanggil BP”
“Ah iya ya. Lu tu bandel banget jadi murid, Ji. Hahaha”
“Iya, ya? Gue lupa tuh dulu masalahnya apa… Hahaha”

Obrolan semacam itu sudah pasti jadi tradisi yang nggak mungkin hilang. Walau kalian sudah punya anak cucu kelak, ketika bertemu obrolan ini pasti akan tetap ada.

Sering kali lupa nama orang nyapa kamu barusan. Asli ini bikin suasana kikuk

Sampek gak tenang mikir siapa nama orang tadi, ya via psmag.com

Kamu pasti pernah mengalami momen kikuk ini. Ketika ada yang nyapa kamu di acara halal bihalal, kamu sama sekali nggak ingat siapa dia. Untuk mukanya sih familiar, tapi namanya yang kamu benar-benar lupa. Karena itu kamu berpikir keras mencoba mengingat-ingat namanya. Yah, kamu yakin memang dia kenalanmu. Cuma namanya doang yang kamu lupa.

Dan bahkan nggak cuma lupa nama, muka dan posturnya juga kamu pangling karena lama nggak ketemu

Namanya juga lama ndak ketemu, pangling ya ketawain aja via tqn.com

“Eh Ji, yang nyapa lu tadi siapa?”
“Yang mana?”
“Yang pake kacamata dan berkerudung putih itu”
“Oh… Nggak tahu. Lupa gue. Haha”
“Parah lu!”
“Ya namanya juga pangling”

Yah, namanya juga manusia ya. Apalagi jika udah lama nggak ketemu. Pangling itu manusiawi.

Niat halal bihalal ketemu temen juga kadang jadi boomerang. Mereka biasanya tanya “Gimana hubungan sama mantan?”

Jadi baper dah ngomongin mantan via yukepo.com

“Ji, gimana kabarnya si Hanny?”
“Lah? Mana gue tahu. Kita udah putus dari kapan tahun, ya”
“Halah… Ini momen lebaran lho, minta maaf gih sama dia”
“Duh, jangan ngingetin mantan lah…”
“Masih baper, ya? Hahaha”
” #$%^&*&! “

Ini sering kejadian kok di tiap acara reunian yang dikemas sebagai halal bihalal.

Yang makin sial, kadang malah kamu ketemu mantan saat halal bihalal itu. Kan grogi, ya…

Eak baper ketemu mantan via indiatvnews.com

Bahkan yang nggak kalah sial, di acara halal bihalal ini kamu juga mungkin banget ketemu mantanmu. Kalian dulu kan satu almamater, jadi wajar lah ketika ada acara halal bihalal gini ketemu. Ujung-ujungnya, kenangan saat masih bareng dia muncul lagi. Kamu pun jadi baper lagi. :’)

Nah kalau ada sahabat yang nggak datang, kamu menyesalkan. Kamu dan sahabat-sahabatmu pasti berusaha untuk menghubunginya

Karena kalian sahabat… 🙂 via viracanya.wordpress.com

“Eh si Nisa ke mana? Kok nggak dateng”
“Tau nih. Dia susah dihubungin”
“Eh, cari tahu yok ke rumahnya”
“Boleh. Yuk habis acara ya…”

Karena saking kompak dan sayangnya kalian, ketika ada yang nggak dateng, kalian akan langsung mencoba menghubungi dan mencari informasi. Karena memang sudah lama nggak ketemu, perasaan kangen pasti ada dong untuk sahabatmu. Apalagi sahabat terdekatmu. Yah meski emang sedikit diomongin juga sama temen-temen lainnya, tapi ujung-ujungnya kalian tetap berusaha menghubunginya kan.

 
Gimana? Halal bihalal-mu gini juga nggak? Kalau ada yang kalian pikir perlu ditambahkan, jangan ragu nulis kolom komentar ya. 🙂