Ini Dia Peluang-peluang Bisnis Menjelang Lebaran yang Bisa Kamu Manfaatkan! Lumayan Buat Nambah THR

|

Bulan Ramadan dan Idul Fitri merupakan salah satu momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya menganut agama Islam, Ramadan dan Idul Fitri bahkan menjadi momen yang penuh dengan keunikan dan kebiasaan menarik. Seperti kebiasaan mudik, membeli barang-barang baru, dan kebiasaan ngabuburit yang nggak ada matinya selama Ramadan.

Daripada cuma menonton dari kejauhan, lebih baik kamu manfaatkan momen Ramadan dan Idul Fitri untuk memperluas ekspansi bisnismu. Ada beberapa peluang bisnis strategis yang bisa kamu jalankan menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Yuk disimak, lumayan buat tabungan masa depan.

1. Kuliner takjil, dari mulai kudapan sampai yang seger-seger pasti banyak banget yang minta beli menjelang buka puasa

Laris manis via probisnis.com

Ramadan datang, datang pula jiwa-jiwa pencari takjil yang siap memborong jualanmu. Jangan takut untuk memulai usaha kecil meskipun hanya menjual takjil, hasilnya bahkan bisa sangat lumayan lho. Usaha kuliner merupakan salah satu usaha dengan frekuensi yang cepat. Artinya usaha ini mengalami perputaran uang setiap hari. Karena setiap hari orang makan, barang pun bisa dijual setiap hari dengan target pasar yang sangat luas tanpa batasan segmentasi. Keuntungan pun bisa berkali lipat dan bisa digunakan untuk produksi di hari berikutnya. Nggak terkecuali dengan jualan takjil. Bahkan jualan takjil tidak membutuhkan banyak biaya untuk operasional.

2. Berdagang pakaian, siap-siap laris manis menjelang Lebaran

Borong-borong nih via sebandung.com

Hampir setiap orang membeli baju baru menjelang lebaran. Dengan demikian akan semakin banyak peluangmu untuk mendaptkan pembeli. Bahkan berdagang pakaian saat ini bisa tanpa modal lho. Cobalah berjualan secara online dengan sistem dropshipping atau kamu baru akan membeli barang ketika ada pesanan. Dropshipping hanya membutuhkan kemampuan kamu bersosial media dengan baik dan kelihaianmu mencari supplier yang dapat dipercaya. Bahkan foto dan kriteria pakaian yang ditawarkan sudah bisa kamu dapatkan dari supplier dan kamu tinggal mengunggahnya ke sosial media kamu kemudian menawarkannya pada sebanyak mungkin orang. Sistem dropshipping juga bisa kamu sadur dalam sistem berjualan offline. Yang terpenting adalah bagaimana kamu membangun relasi dengan supplier dan membangun kepercayaan pelanggan. Simpel kan?

3. Kue-kue dan jajanan lebaran pasti diburu, yuk produksi sendiri atau ajak orang-orang disekitarmu ikut berbisnis

Kue-kue lebaran cantik via www.kuningankab.go.id

Berbisnis kue dan jajanan Lebaran juga jadi sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Banyaknya permintaan dari pembeli bikin produsen memperbanyak kuantitas produksinya. Nah buat kamu yang berminat untuk memulai bisnis kue dan jajanan Lebaran tapi nggak jago masak, nggak perlu harus pintar memasak lho. Kamu bisa bertindak sebagai marketing yang memasarkannya. Bisa juga kamu pasarkan online dengan lebih mudah dan jangkauan yang super luas. Tapi perlu dicatat, kue dan jajanan Lebaran ini termasuk bisnis musiman yang mungkin saja akan ramai di waktu menjelang Lebaran dan mengalami penurunan pasca Lebaran. Jadi baiknya kamu back-up sirkulasi bisnismu pasca Lebaran dengan sebagian pendapatanmu sebelum lebaran. Biar bisnis kamu tetap berjalan walaupun sudah bukan momennya.

4. Jasa membungkus parcel dan bingkisan lebaran. Kesempatan buat menyalurkan kreativitasmu dalam menghias

Banjir orderan nih via bingkisanparcel.com

Budaya memberikan bingkisan dan parcel menjelang Lebaran juga bisa kamu manfaatkan jadi peluang bisnis. Kamu bisa memanfaatkan bakat terpendammu menata dan menghias bingkisan menjadi cantik. Bahkan konsumen yang membeli parcel nggak tanggung-tanggung lho dalam memesan dan bingkisan, bahkan kamu bisa dapat keuntungan hingga Rp50 ribu per bingkisan. Rata-rata yang orang memesan 5-10 bungkus parcell, dan akan berkali lipat jika instansi atau lembaga yang memesan. Jumlah itu pasti akan terus bertambah seiring dengan reputasimu menjual parcel. Lebih menguntungkan lagi jika sang pemesan juga mempercayakanmu sebagai penyedia keseluruhan parcel beserta isinya. Kamu bisa menyiasati membeli barang-barang bingkisan parcel melalui relasimu atau membeli dengan grosir. Wah berkah Ramadan!

5. Ini juga saat yang tepat untukmu memuali bisnis hewan qurban. Idul Fitri juga menandakan kalau Idul Adha nggak lama lagi

Sapi-sapi imut via fajrifm.com

Bulan Ramadan menandakan Idul Fitri tidak lama lagi, sekaligus menandakan bahwa sebentar lagi umat Islam merayakan Idul Adha. Bisnis yang paling menjanjikan di antara waktu ini adalah bisnis hewan qurban. Bahkan saat ini sudah banyak yang mulai memoderasi transaksi belanja hewan qurban melalui online. Kamu bisa memanfaatkan ini juga lho. Mempertemukan pembeli dengan penjualnya, atau dengan memelihara sendiri juga bisa menghasilkan uang. Yang terpenting pilihlah peluang usaha yang membuatmu paling bersemangat.

Nah itu dia beberapa peluang usaha yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah pundi-pundi THRmu saat Lebaran nanti. Tapi sesibuk-sibuknya bisnis ibadah juga harus lancar dong. Jangan lupa kalau sudah banyak uang, bayar zakat dan sedekah ya guys, biar makin berkah lagi rejekinya.