Kalau Kamu Nggak Bisa Bangun Sendiri, Coba Praktikkan 6 Cara Ini Biar Kamu Terjaga Saat Santap Sahur!

Andrall Intrakta Diysda Crahfidayinallah |

Hal yang paling susah dalam menjalankan puasa adalah sahur. Tapi bukan sahurnya yang susah, melainkan bangun untuk melakukan santap sahur. Ya, orang sering banget yang namanya telat bangun sahur, makan lima menit sebelum imsak, hanya sempat minum air putih, atau bahkan malah nggak sahur sama sekali.

Apalagi buat anak kosan, pasti sering banget telat buat bangun sahur. Meskipun alarm HP maupun jam beker sudah disetel saban hari. Tapi tenang, mungkin beberapa hal ini bisa membuatmu bangun di waktu sahur. Percayalah, beberapa cara ini bisa bikin kamu nggak punya alasan untuk nggak puasa karena nggak sahur!

 

Suara bocah-bocah bangunin sahur di jalanan, hal pertama yang bisa bikin bangun. Tapi sayang, nggak semuanya lewat depan rumah

Bohong kalau nggak bisa bangun! via dailymoslem.com

Sebagai pewarna dalam bulan Ramadan, selalu kegiatan di waktu sahur yang dilakukan oleh para pemuda hingga anak-anak. Yakni kegiatan membangunkan orang untuk sahur yang diiringi dengan berbagai alat musik, dan tentunya teriakan-teriakan nan lantang. Mungkin kalau cuma teriakan sahur saja sih masih susah buat bangun, tapi biasanya mereka juga bernyanyi dengan iringan musik yang nggak jelas. Alhasil, siapapun tentunya bisa terbangun karena suara ‘mengganggu’ ini. Tapi sayangnya, nggak semua daerah ada kegiatan seperti ini sih.

 

Meski belum Lebaran, suara petasan di depan rumah bisa bikin kamu melek sekaligus jantungan. Ampuh deh!

Gedek banget! via mensxp.com

Masih ada kaitannya dengan orang-orang yang membangunkan sahur, tapi kali ini yang bisa bikin kamu melek sekaligus kaget adalah suara petasan yang mereka lemparkan. Ini nggak cuma bisa bikin kamu bangun, tapi juga bisa bikin kamu kesel. Tapi, kan, lagi bulan Ramadan, kamu harus bisa kontrol emosi, ya.

 

Suara dering telepon dari pacar memang paling ampuh buat kamu yang LDR. Apalagi telepon dari gebetan atau selingkuhan, panik deh!

Kaget, panik, langsung melek! via timeshighereducation.com

Rasanya kalau nada dering telepon sih masih agak susah buat bikin kamu melek, ya? Apalagi kalau itu dari orangtuamu. Paling kamu cuma bangun untuk mengangkatnya, dan kembali rebah ke kasur. Tapi kalau ternyata panggilan itu dari pacar, gebetan, atau bahkan dosen pembimbing, kemungkinan besar kamu bakal bangun dengan mata melotot. Mau nggak mau, sahur deh.

 

Cara paling ampuh buat bangun sahur adalah dengan belaian tangan ibu. Kebangetan kalau kamu nggak bisa bangun!

Ibu, selalu punya cara. via oumoma.com

Nah, buat kamu yang sudah mudik, alarm alami yang paling ampuh buat bikin bangun tentu hal satu ini. Dibangunin dengan belaian tangan ibu. Mau selembut apapun, asalkan itu tangan ibu, pasti langsung melek. Entah kenapa, tangan ibu itu seperti memiliki magisnya sendiri. Sekali belai, pasti langsung bangun.

 

Kalaupun belaian ibu nggak mempan buat bangunin kamu sahur, suara panci di dapur bakal bisa bikin kamu segera duduk di meja makan

Ya, meski kadang kala belaian tangan ibu nggak mempan untuk bangunin kamu sahur, tapi kamu juga bakal bisa melek dengan cara lain yang dilakukan ibumu. Suara gerompyang dari dapur tentu akan bikin kamu terkejut dan langsung pergi ke meja makan. Percayalah, ketika kamu mulai dengar suara berisik itu, berarti ibumu sudah marah besar. Haha!

 

Cara terakhir kalau kamu masih belum bisa bangun buat sahur, cobalah jangan makan saat berbuka puasa. Pasti bangun deh!

Pasti kelaparan. via shape.com

Kalau segala cara sudah kamu lakukan, dan kamu tetap nggak bisa bangun sahur atau malah kesiangan, coba lakukan cara ini. Ketika azan Magrib, cobalah untuk nggak makan terlalu kenyang. Pun sampai selesai salat tarawih, jangan mengonsumsi makanan berat. Percaya deh, tengah malam pasti kamu bakal kebangun karena kelaparan.

Nah, dari beberapa cara di atas, hal apa yang bisa bikin kamu bangun untuk sahur? Kalau lupa pasang alarm atau HP-mu lagi rusak, cara-cara di atas memang paling ampuh. Tapi terlepas dari bangun sahur, sebenarnya nggak sahur bukan berarti kita nggak bisa puasa, kan?