Meskipun Nikmat, Ini Alasan Kenapa Mi Instan Nggak Baik Dimakan Saat Sahur dan Buka!

|

Rasanya nggak bisa dipungkiri kalau keberadaan mi instan memang punya tempat tersendiri di hati banyak orang. Terutama bagi para anak rantau atau anak kost, bukan nggak mungkin kalau mi instan menjadi teman akrab bagi perut mereka. Lebih-lebih di bulan puasa seperti sekarang ini, jauh dari rumah dan perkara mager buat keluar membeli makanan untuk sahur dan buka puasa, bisa jadi mi instan yang jadi jalan keluarnya.

Lepas dari itu semua, kamu pasti sudah paham betul ‘kan kalau mi instan sebenarnya nggak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Lebih-lebih di bulan puasa seperti ini, yang dimana seharusnya mi instan perlu dihindari untuk kamu nikmati saat sahur dan berbuka. Nah, demi meyakinkan kamu akan hal tersebut, di bawah ini ada beberapa alasan kenapa mi instan sebaiknya jangan dikonsumsi untuk sahur dan buka puasa. Yuk, simak bareng Hipwee.

 

1. Mi instan nyatanya bisa menghambat penyerapan nutrisi tubuh kamu, bukan nggak mungkin kalau efek lemas bisa kamu rasakan

Salah satu efek negatif yang bisa kamu dapatkan karena mengonsumsi mi instan saat sahur dan berbuka adalah tubuhmu yang jadi mudah merasa lemas. Hal itu terjadi karena mi instan menyerap berbagai nutrisi yang ada di dalam tubuhmu. Selain lemas, proses pencernaan pun akan turut berpengaruh juga, lho, sehingga tubuh kamu nggak bisa menyerap berbagai nutrisi dari makanan sehat lainnya. Kebayang dong kalau faktor ini bakal buat kamu jadi nggak bertenaga dalam beraktivitas.

 

2. Tubuhmu perlu diberikan gizi yang cukup dan kamu pun pasti paham kalau mi instan memiliki gizi yang begitu rendah

emang menggoda sih! via www.aliexpress.com

Rasanya nggak perlu dijelaskan lagi kalau tubuhmu memerukan asupan gizi yang cukup. Nah, perkaranya adalah meski mi instan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, mencapai 240 kalori per sajiannya, namun nyatanya mi instan nggak punya kandungan gizi yang cukup. Yap! kandungan cukup rendah yang ada pada mi instan jelas nggak akan cukup membantu tubuhmu untuk berpuasa. Malahan tingginya kalori yang ada bisa membuat kamu justru cepat merasa lapar ketika sedang berpuasa. Bahaya dong, bisa-bisa di siang hari kamu malah melipir ke warung padang dan makan rendang.

 

3. Kandungan MSG yang tinggi dalam mi instan juga nggak baik bagi tubuhmu, apalagi saat puasa…

hmmmm~ via www.uzone.id

Kamu mungkin sudah tahu kalau MSG punya peranan yang cukup penting dalam memberikan sensasi panas bagi tenggorokanmu, belum lagi rasa sakit kepala dan nyeri dada jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Nah, hal itu bukan nggak mungkin bisa terjadi ketika kamu mengonsumsi mi instan saat bulan puasa. Menjadi wajar kalau kemudian kandungan MSG tersebut buat tubuh kamu jadi nggak segar dan kamu pun jadi mudah haus saat puasa. Ya, daripada bayangin segarnya air dingin atau es teh manis, mending jangan makan mi instan dulu deh ya.

 

4. Berbagai kandungan yang ada dalam mi instan pun bisa mengundang banyak penyakit dalam tubuhmu, termasuk juga kanker

duh! via Serumpi.com

Untuk kamu ketahui, mi instan juga mengandung propilen glikol yang gunanya mencegah mi dari pengeringan. Bahan tersebut yang kemudian bisa membawa beberapa risiko kesehatan dalam tubuhmu seperti penyakit hati, jantung, ginjal, serta melemahkan juga sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu, mi instan yang dikemas dengan bahan pengawet juga dikatakan sebagai penyebab kanker. Serem nggak sih?

 

Jadi, apa sih yang sebaiknya kamu konsumsi selama bulan puasa ini?

ini dia yang sehat buat kamu! via southeastagnet.com

Nah, demi memiliki dan memastikan tubuh yang segar selama puasa apa saja sih yang sebaiknya kamu konsumsi? Kamu harus memastikan kalau tubuhmu nggak kekurangan air putih, jelas rasanya kalau air putih jadi hal utama yang perlu banyak kamu konsumsi. Selain itu makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, sampai protein hewani alias ayam atau ikan juga nggak boleh ketinggalan. Makanan segar akan jauh lebih baik untuk dinikmati daripada mi instan atau makanan cepat saji lainnya. Jadi, demi menjalani puasa dengan sempurna, pilih makanan dan minuman yang terbaik, ya, untuk sahur dan berbuka. 🙂