Mudik Sebentar Lagi! Ikuti 6 Trik Packing Berikut Agar Praktis dan Nggak Ada yang Tertinggal

|

Nggak terasa libur Lebaran tinggal sebentar lagi. Itu artinya waktu mudik sudah semakin dekat. Apa yang sudah kamu siapkan? Selain tiket perjalanan atau kesiapan kendaraan buatmu yang mudik mengggunakan kendaraan pribadi, barang-barang yang akan dibawa jadi satu poin penting yang biasanya cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran.

Bayangkan saja, akan pulang kampung untuk beberapa hari, biasanya paling malas justru pada bagian packing-nya. Inginnya sih tahu-tahu beres dan semua sudah masuk koper. Tapi, apa daya, kita harus tetap mengemas keperluan kita sendiri. Mulai dari baju sampai urusan alat mandi, kalau sampai ada yang ketinggalan bisa repot sendiri nanti. Belum lagi rasanya kok tetap saja ada yang nggak muat. Ini kopernya yang kurang besar, atau barang bawaannya yang kebanyakan, sih?

1. Buat daftar barang apa saja yang akan dibawa

Buat daftar barang via travel.kompas.com

Poin ini jadi paling depan yang harus kamu lakukan. Dengan mencatatnya, kamu akan tahu dengan pasti dan rinci apa saja yang perlu dibawa, dan mana saja yang sebaiknya tidak terlalu urgent untuk dibawa. Selain itu, cara ini bisa meminimalisir agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan lupa untuk memberi tanda centang atau coret pada barang yang sudah masuk koper.

2. Jika mudik menggunakan transportasi umum, pasang tanda pengenal pada koper/tas

Pakai name tag via www.tokopedia.com

Pasang tanda pengenal pada koper/tas berupa name tag atau stiker bertuliskan nama kita. Hal ini bertujuan untuk membedakan dengan koper/tas orang lain. Tentunya jadi identitas juga agar tak tertukar saat harus mengambil dari bagasi atau kabin.

3. Bawa baju seperlunya dengan warna senada agar mudah memadupadankan

Nggak perlulah untuk bawa baju banyak-banyak, selain kopernya nggak muat, nantinya justru akan percuma. Selain itu, bawalah yang warna senada agar mudah memadupadankannya kelak. Nggak mau ‘kan jadi tabrak warna cuma gara-gara bawa baju asal yang nggak senada?

4. Untuk menghemat ruang dalam koper, gunakan trik berikut ini

Trik mengisi koper via www.tipsiana.com

Agar barang bawaanmu bisa masuk dalam 1 koper, pakai trik ini. Gulung semua baju agar muat banyak, jadikan celana jeans sebagai pembatas antara penataan baju bagian bawah dengan bagian atas. Jangan lupa jaket atau pakaian tebal diletakkan di atas. Jangan ikut digulung karena justru akan makan tempat. Tutup tatanan tersebut dengan ujung celana jeans yang masih terurai. Sisipkan barang-barang kecil seperti kaos kaki, syal, dan lain sebagainya di sela-sela baju. Kopermu jadi terpakai secara maksimal.

5. Bawa alat mandi dalam ukuran kecil agar tak makan tempat. Toh kamu bepergian tak akan lama, bukan?

alat mandi via gqtrippin.com

Untuk alat mandi dan juga makeup, bawa seperlunya dan siapkan saja yang ukurannya kecil agar lebih hemat tempat. Seperti misalnya membawa pasta gigi, sampo dan sabun cair dengan botol ukuran mini. Jangan lupa untuk membungkus sabun dan sampo dengan plastik terlebih dahulu agar jika tumpah akan tetap aman dan tidak mengenai barang lainnya. Letakan paling atas di tas agar mudah diambil saat dibutuhkan. Jika tidak mau repot, peralatan mandi ini bisa juga dibeli di tempat tujuan, atau gunakan yang ada di tempat menginap.

6. Gadget jadi barang yang nggak boleh ketinggalan. Masukkan ke organizer pouch agar tak tercecer

Gadget masuk sini via eternal-creation.en.alibaba.com

HP, charger, camera pocket, sampai earphone jadi barang yang juga nggak boleh ketinggalan. Karena penting dan riskan rusak kalau tidak dirawat dengan baik. Jadi, organizer pouch adalah jawaban paling tepat agar semua benda ini tak tercecer dan tersimpan dengan aman.

Kini, packing bukan lagi aktifitas membosankkan yang bikin malas. Setelah tahu trik-nya, kamu pasti makin nggak sabar untuk segera mudik, ‘kan?