Ramadan Tinggal Menghitung Hari. 7 Ibadah Ini Bisa Kamu Maksimalkan

|

Tak terasa Ramadan tinggal menghitung hari. Dalam beberapa hari ke depan ternyata sudah mau Lebaran saja. Hampir selama sebulan penuh kamu menjalankan ibadah puasa yang disertai berbagai ujian. Selain cobaan berupa lapar dan haus, kamu dituntut untuk terbiasa menghadapi hawa nafsu seperti marah, kesal, dan mengeluh.

Meski begitu, kamu masih memiliki waktu memperbaiki ibadah di akhir-akhir Ramadan ini. Mumpung masih tersisa beberapa hari lagi, kamu dapat meningkatkan kualitas ibadahmu semaksimal mungkin. Dalam rangka mengingatkan dan menyemangatimu beribadah kembali, simak 7 ibadah apa saja yang bisa kamu lakukan menjelang bulan puasa berakhir.

 

1. Jemput malam Lailatul Qadar untuk merasakan indahnya suasana malam yang lebih baik dari seribu bulan

itikaf via www.nbcnews.com

“malam yang penuh berkah di mana dijelaskan atau ditetapkan segala urusan besar dengan kebijaksanaan” (QS Ad-Dukhan: 3)

Salah satu malam yang ditunggu-tunggu umat Muslim di bulan Ramadan yaitu malam Lailatul Qadar. Sebuah malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini tak ada seorang pun yang mengetahui. Hanya saja terdapat ciri-ciri yang bisa kamu ikuti supaya mendapatkan malam yang penuh berkah ini. Beberapa di antaranya yaitu ada pada salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadan, terutama pada tanggal-tanggal ganjil. Oleh karena itu, jemputlah malam Lailatul Qadar dengan itikaf di masjid terdekat dari rumah. Bahkan, kamu juga diperbolehkan itikaf di musala atau masjid berbeda agar silaturahim bersama para Muslim makin luas.

2. Rutinkan salat sunah dan mengaji agar pahalamu bertambah dan makin dekat dengan Allah SWT

perbanyak mengaji via www.cahayaislam.id

Bulan yang penuh rahmat dan berkah ini sayang banget kalau kamu lewatkan begitu saja tanpa merutinkan salat sunah dan mengaji. Padahal, kamu bisa menambah banyak pahala dengan rajin salat dhuha, fajar, dan tahajud. Kamu pun dapat mengisi waktu luangmu untuk mengaji dibanding main media sosial. Dengan begitu, kamu jadi makin lancar mengajinya dan pahala bertambah.

3. Perbanyak sedekah dan membantu orang lain agar rasa sayangmu terhadap sesama makin mendalam

bersedekahlah via qz.com

Ibadah satu ini agak sulit diterapkan karena diperlukan keikhlasan hati ketika melakukannya. Inilah yang disebut ujian dalam beribadah. Oleh karena itu, kamu harus belajar ikhlas bersedekah dan membantu sesama. Percayalah bahwa apa yang kamu berikan nanti akan Allah SWT balas dengan yang lebih besar dan tak kamu sangka. Siapa tahu kamu cepat naik gaji, dapat hadiah, dan sering dibantu orang lain ketika mengalami kesusahan.

4. Hiasi hatimu dengan lantunan dzikir dan  shalawat. Hati dan pikiranmu akan tenang selalu

bertasbih yuk via www.seekerspath.co.uk

Daripada bengong nggak jelas saat lagi nggak ada kerjaan, lebih baik hiasi hatimu dengan lantunan dzikir dan shalawat. Selain kamu jadi lebih merasa dekat kepada Allah SWT dan Rasulullah, tentu hati dan pikiranmu makin tenang. Kamu jadi cepat berpikir dengan jernih saat menghadapi berbagai persoalan hidup di dunia.

5. Rajinlah berdoa dan bertaubat di bulan penuh ampunan. Kamu perlu menunggu setahun lagi untuk merasakan kenikmatan ini

bertaubat menjelang Lebaran via pixabay.com

Kamu harus memanfaatkan semaksimal mungkin hari-hari akhir di bulan puasa. Jangan sampai selama hampir 30 hari kamu jarang berdoa dan bertaubat. Bulan Ramadan ini banyak keberkahan dan penuh ampunan, tentu kamu harus menyempatkannya meski sangat sibuk. Mumpung belum habis, yuk segera perbanyak berdoa dan bertaubat. Rasa sesal memang pasti ada belakangan, tapi jangan jadikan kebiasaan.

6. Perbaiki salat wajib tepat waktu dari sekarang. Jangan biarkan kamu terlena dengan gemerlap hal-hal dunia

shalatlah tepat waktu, jangan sibuk sama ponsel via www.fubiz.net

Pada dasarnya iman manusia itu naik-turun. Oleh karena itu, nggak heran kalau kamu suka salat tepat waktu, kadang juga menjelang waktu salat habis. Nggak ada salahnya kamu coba memperbaiki kebiasaanmu memulai salat wajib agar bisa selalu tepat waktu. Jangan biarkan dirimu hanya disibukkan kegiatan duniawi saja karena pada dasarnya hidup kekalmu ada di akhirat.

7. Undangan bukber dan belanja baju lebaran bikin kamu sibuk, tapi tetap tak melupakan salat tarawih jamaah

shalat tarawih tak boleh terlewat via www.theatlantic.com

Sudah jadi rahasia umum saat menjelang hari raya undangan buka bersama (bukber) dan belanja baju baru bisa sangat menyibukkanmu. Itu memang hak kamu, tapi jangan sampai melupakan waktumu yang sudah pasti untuk tetap menjalankan ibadah. Sebaiknya, tetap tak lupakan untuk shalat tarawih berjamaah ya.

 

Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini memang sebaiknya kamu dapat memanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai kamu nanti menyesal saat sudah selesai karena kamu harus menunggu setahun lagi. Yuk maksimalkan mumpung masih ada sisa-sisa hari.