Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran. Biar Tetap Aman dan Nggak Jadi Pikiran

|

Mudik menjadi salah satu momen yang paling ditunggu ketika mendekati Hari Lebaran. Pasalnya setelah sekian lama merantau di lain kota, kamu bisa merasakan berkumpul lagi dengan keluarga sembari menjalin silaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu persiapan sebelum menjalani mudik Lebaran. Salah satu persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mudik adalah memastikan rumah dalam keadaan aman. Agar nanti di kampung halaman pikiranmu tak terbebani.

Berikut Hipwee infokan tips meninggalkan rumah saat mudik Lebaran. Yuk disimak biar keamanan rumahmu selalu terjaga di kala kamu berada di kampung halaman.

1. Hal wajib yang harus kamu lakukan adalah mengunci semua pintu, jendela serta pagar depan

Harus dikunci rapat ya via www.panaime.com

Sebelum mudik, hal utama yang harus kamu lakukan adalah mengunci semua pintu dan jendela. Pastikan semuanya sudah terkunci dengan baik agar tak bisa dibuka dengan paksa. Apabila jendela rumahmu telah dipasangi teralis, pastikan sudah terpasang dengan baik juga. Lalu, jangan lupa untuk mengunci pagar depan dengan gembok agar halamanmu tak dimasuki orang. Sedikit tambahan, sebaiknya memasang gembok pagar dari dalam. Mengingat dengan memasang gembok pagar dari luar menandakan bahwa rumahmu benar-benar kosong.

2. Untuk menghindari kebakaran jangan lupa mencabut selang regulator gas dan kabel alat-alat listrik

Cabut semua kabel alat-alat listrik via www.video.wgcu.org

Banyak kasus kebakaran rumah terjadi ketika ditinggal pemiliknya mudik. Hal tersebut bisa dihindari dengan cara mencabut selang regulator gas sebelum berangkat mudik. Pastikan sudah tercabut dengan baik dan tidak menimbulkan bau gas yang menyengat. Selain itu, untuk menghindari korsleting listrik yang bisa berakibat pada kebakaran juga, pastikan semua alat-alat listrik sudah tidak terhubung dengan listrik, seperti AC, kulkas, TV dan yang lainnya.

3. Pastikan nggak meninggalkan genangan air di tempat terbuka. Biar nggak menjadi sarang nyamuk nantinya

Mengosongkan bak mandi via www.hauzz.com.au

Untuk kamu yang berencana mudik dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya jangan meninggalkan genangan air pada tempat terbuka. Seperti bak mandi atau tempat-tempat yang biasa tergenangi air lainnya. Hal tersebut dilakukan agar selama mudik, genangan air tidak menjadi sarang nyamuk dan menjadi sumber penyakit nantinya.

4. Sebaiknya kamu juga memasang lampu otomatis pada rumah bagian depan, seperti teras atau halaman depan

Pasang lampu otomatis via www.elangsakti.com

Agar tak terkesan benar-benar kosong, kamu bisa memasang lampu otomatis pada bagian depan rumah, seperti teras atau halaman depan. Lampu otomatis tersebut dilengkapi dengan sensor cahaya sehingga bisa menyala saat gelap dan mati saat cahaya terang tanpa harus dinyalakan secara manual. Dengan memasang lampu otomatis, kamu nggak perlu menyalakan lampu selama berhari-hari hingga orang-orang tahu bahwa rumahmu dalam keadaan kosong.

5. Kalau dirasa perlu, bisa juga memasang alarm keamanan atau kamera CCTV pada titik-titik tertentu

Pasang CCTV jika perlu via www.pexels.com

Apabila semua persiapan di atas masih membuatmu merasa khawatir saat mudik, kamu bisa menambahkan perangkat tambahan untuk keamanan rumahmu. Kamu bisa memasang alarm keamanan pada titik-titik tertentu seperti di dekat pintu masuk atau daerah yang kamu rasa perlu pengamanan. Selain itu, memasang kamera CCTV yang tersambung langsung dengan internet juga bisa kamu jadikan pilihan. Selagi mudik, kamu bisa terus memantau keadaan rumahmu tanpa harus bolak-balik menghubungi tetangga sekitar.

6. Jangan lupa menitipkan rumah pada orang yang dipercaya sebelum berangkat mudik

tolong dijagain ya, pak via www.propertyguru.com

Sebelum berangkat mudik, kamu juga bisa menitipkan rumahmu kepada orang-orang yang bisa dipercaya. Seperti petugas keamanaan kompleks, tetangga sekitar atau ketua RT setempat. Sebelum berangkat, jangan lupa memberi tahu mereka berapa lama kamu akan mudik dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Atau kamu bisa meminta nomor seseorang yang kamu percaya itu. Untuk jaga-jaga aja apabila sesuatu hal terjadi. Namun jangan lupa, untuk memberikan bingkisan kepada mereka sepulang dari mudik nanti ya.

Hal-hal tersebut bisa kamu lakukan untuk persiapan sebelum mudik Lebaran nanti. Bukannya bermaksud paranoid, namun sebagai bentuk tindakan preventif untuk berjaga-jaga. Nggak ada salahnya ‘kan menjaga dengan baik apa yang kita punya selama menjalin silaturahmi di kampung halaman.