Tradisi Beli Baju Baru Saat Lebaran, Sebuah Kesunahan atau Hanya Sekadar Budaya?

|

Lebaran sebentar lagi. Umat Muslim semakin berbahagia menyambut kedatangan hari raya Idul Fitri, atau yang juga sering kita sebut dengan Lebaran. Tak ketinggalan, pusat-pusat perbelanjaan juga ramai dikunjungi orang-orang. Bazar Ramadan saat ini juga sudah banyak menyediakan pakaian-pakaian dengan harga yang menggiurkan. Toko online? Pasti sudah lebih sibuk dari biasanya.

Hampir semua orang Muslim yang mampu, setiap Lebaran sengaja membeli baju baru untuk dikenakan di hari raya. Namun pernahkah kalian penasaran tentang budaya beli baju baru menjelang Lebaran? Apakah ini hanya sekedar budaya atau memang anjuran agama? Yuk disimak uraian Lembaran Putih Hipwee berikut ini.

Menurut Islam, mengenakan baju baru saat hari raya ternyata sebuah anjuran lho

Baju khas Idul Fitri via bajumuslimodern.com

Hal ini jadi sunah karena Rasulullah selalu mengenakan pakaian terbaiknya ketika menyambut hari Jumat dan hari raya. Oleh karena itu mengenakan pakaian baru bisa jadi juga sebuah ibadah yang punya nilai pahala tersendiri lho buat kita. Karena dengan membeli baju baru dan mengenakannya ketika Lebaran merupakan sebuah wujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah. Selain itu mengenakan pakaian baru juga sebuah wujud kegembiraan menyambut hari raya. Jadi tidak menjadi masalah membelanjakan sebagian uang kita untuk mebeli baju baru yang akan dikenakan di hari raya Idul Fitri. Tapi jangan lupa juga belikan baju baru kepada orang-orang yang kurang mampu ya. Pasti lebih berlipat lagi tuh pahalanya!

Namun baju terbaik di hari raya ternyata tidak harus baru. Tidak ada kewajiban untuk beli yang baru ya

Yang penting bisa kumpul keluarga via www.inovasee.com

Baju terbaik yang dikenakan ketika hari raya nggak juga haru baju baru kok guys. Asal gunakanlah baju terbaik di hari raya, jangan kenakan baju sembarangan ya. Ini juga salah satu sikap untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Mengenakan pakaian terbaik ini juga salah satu rangkaian kesunahan pada hari raya, selain kita juga disunahkan untuk mandi sebelum mengikuti salat Idul Fitri dan mengenakan wewangian serta mengumandangkan takbir.

Membeli baju baru untuk Lebaran pun jadi sebuah kebiasaan unik yang tidak bisa dihilangkan

Yuk diborong yuk! via pojoksatu.id

Membeli baju baru juga ternyata jadi kebiasaan untuk umat Muslim terutama di Indonesia. Kebanyakan dari kita akan mempersiapkan bagaimana membeli baju baru jauh-jauh sebelum Idul Fitri. Toko-toko pun jadi penuh sesak karena banyaknya orang yang hendak berbelanja. Dengan mulai ramainya pusat perbelanjaan juga menandai bahwa Idul Fitri akan datang dalam hitungan hari. Wah seru ya!

Nggak cuma baju baru, sekarang trennya sudah merambah ke sepatu baru, jam tangan baru, hingga ponsel baru

Sekalian mallnya aja dibeli via www2.jawapos.com

Tidak hanya baju baru yang dipersiapkan saat ini. Banyak barang-barang baru yang juga banyak diburu sebagai ‘pelengkap’ untuk menyambut kebahagiaan Lebaran. Antara lain sepatu baru, jam tangan baru, hingga ponsel baru saat ini banyak dibeli di waktu-waktu menjelang hari raya. Sebenarnya benda-benda tersebut juga kurang ada kaitannya dengan hari raya ya, tapi kok banyak yang membelinya? Usut punya usut ini karena ketika menjelang Idul Fitri semua berbahagia, ditambah lagi jatah THR dan uang bonus yang banyak dibagikan menjelang Idul Fitri bikin kita ingin membelanjakan macam-macam barang. Tapi hati-hati guys, jangan jadi berlebihan ya. Sesuatu yang berlebihan juga tidak dianjurkan dalam Islam.

Nah itu dia tadi penjelasannya. Ternyata ada kesunahan tersendiri jika kita mengistimewakan datangnya hari raya Idul Fitri meskipun hanya dengan membeli pakaian baru atau mengenakan pakaian lama yang masih istimewa. Kalau kamu sudah beli baju baru belum guys? 😀