Yakin Sudah 100%? Yuk Cek Lagi Seberapa Sempurna Puasa Kamu di Sini!

|

Bulan Ramadan memang bulan yang merupakan ladang pahala untuk umat Muslim. Mereka pun berlomba-lomba untuk menyempurnakan ibadahnya, mulai dari berpuasa, tadarus, salat sunah, dan bersedekah. Tapi apakah kamu yakin kamu sudah menyempurnakan semua ibadah yang bisa kamu kerjakan di bulan suci ini?

Kali ini Lembaran Putih Hipwee akan membantumu mengecek kembali, sudahkah kamu melakukan kesunahan-kesunahan yang jika dilakukan akan semakin membuat puasamu sempurna. Makanya disimak yuk, kalau sudah dilakukan alhamdulillah kalau belum dilakukan bisa untuk ajang introspeksi diri.

1. Sudah melaksanakan sahur? Sahur memang nggak wajib, tapi sangat disunahkan

Sahur dulu yuk via hellosehat.com

Islam selalu mendatangkan kemudahan dan tidak mempersulit umatnya. Melaksanakan makan sahur bertujuan agar kita kuat berpuasa sehari penuh. Tapi tidak ada larangan untuk meninggalkan sahur juga lho karena memang dilakukan tengah malam menjelang pagi. Jadi melaksanakan sahur adalah sunah, jika melakukannya maka akan membuat pahalamu berlipat ganda.

2. Sudah melambatkan waktu sahurmu? Sahur di akhir waktu pahalanya berlipat ganda lho!

Sahurnya dilambatkan ya via global.rakuten.com

Ternyata sahur di akhir waktu atau mendekati imsak itu disunahkan, guys. Melaksanakan sahur saja sudah merupakan ibadah, apalagi ketika kita mau mengakhirkan sahur kita. Selain dapat pahala berlipat, kamu semakin nggak lapar karena sahurmu di akhir. Jadi kenyangnya awet tuh. 😉

3. Sudahkah kamu melaksanakan tadarus atau membaca Alquran?

Tadarus bareng via liputanislam.com

Membaca Alquran (tilawah) baik dilakukan sendiri atau bersama-sama juga bisa semakin melipatgandakan pahala puasa kita lho guys. Alquran pertama kali diturunkan di Bulan Ramadan, Rasulullah pun lebih sering membaca Alquran di Bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan lain. Oleh karenanya, membaca Alquran di Bulan Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri.

4. Sudah memberikan makanan berbuka pada sesama Muslim?

Bagi-bagi takjil via infotegal.com

Memberikan makanan berbuka puasa kepada sesama Muslim yang juga berpuasa kebaikannya sangat banyak lho. Kamu bisa melakukan ini dengan membagi-bagikan hidangan puasa untuk teman-temanmu, tetanggamu, bahkan untuk anak yatim dan yang membutuhkan. Indah banget kan bisa saling berbagi kebaikan dan saling memberi kebahagiaan pada sesama Muslim?

5. Sudahkah menyegerakan berbuka?

Yuk makan yuk via www.slate.com

Ini sunah yang sangat mudah dilakukan lho, segeralah berbuka. Kalau soal menyegarakan berbuka mungkin sebagian dari kita pasti senang melakukannya ya. Habis pengen buru-buru nyeruput takjil sih. 😀

6. Apakah kamu berbuka dengan kurma dan air? Ini juga bisa mendapat pahala kesunahan

Segar dan manis via www.rumahkeluargaindonesia.com

Rasulullah menganjurkan kita untuk mengawali berbuka dengan beberapa buah kurma dan air. Wah, makanan yang enak kan? Selain karena kurma dan air dapat mempercepat penyerapan dan nutrisi setelah kita berpuasa seharian, ini juga mencegah kita untuk mengonsumsi hidangan yang tidak sehat. Apalagi kalau berbuka puasa dengan kalap, wah jangan sampai ya guys.

7. Sudahkah rajin salat tarawih? Jangan sia-siakan, salat tarawih hanya ada di Bulan Ramadan lho…

Ibadah tarawih via infomazza.com

Bisa dibilang ibadah salat tarawih adalah ibadah khas di Bulan Ramadan. Kalau kamu bisa konsisten menjalankan ibadah salat tarawih sebulan penuh, maka insya Allah bisa membantu menyempurnakan ibadah puasamu juga. Meskipun salat tarawih dilakukan malam hari sehabis isya dan dengan jumlah hitungan rakaat yang banyak, tapi yakin deh. Melaksanakan tarawih dengan rajin bikin puasamu semakin berkesan.

8. Sudah melaksanakan i’tikaf di masjid belum?

Niat beribadah via media.worldbulletin.net

I’tikaf adalah amalan yang dilakukan dengan berdiam diri di masjid dan diniatkan untuk beribadah kepada Allah. Biasanya i’tikaf dilakukan diantara 2 salat dengan berdzikir dan memuji nama Allah. Apalagi ketika mendekati 10 hari terakhir Bulan Ramadan, sekalian untuk mencari kemuliaan Lailatul Qadar. Sayangnya akhir-akhir ini i’tikaf jarang dilakukan, apakah karena kita terlalu sibuk dengan urusan dunia? Yuk mulai lagi beri’tikaf. Rasulullah juga selalu melakukannya lho.

Nah itu dia 8 kesunahan yang akan membantumu menyempurnakan ibadah puasamu. Ibadah-ibadah di atas adalah khas Bulan Ramadan, jadi jangan sampai dilewatkan lho. Ayo menabung pahala dan kebaikan sebanyak mungkin mumpung masih bulan suci!